Berkat VASA, layanan operasi kapal di pelabuhan kian cepat

Jum'at, 31 Januari 2020 | 21:57 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Sebagai salah satu operator pelabuhan yang menaungi 43 pelabuhan di 7 provinsi berbeda, Pelindo III memiliki tantangan untuk bisa terus memberikan pelayanan optimal kepada para para pengguna jasanya. Salah satunya dalam kemudahan koordinasi hingga efisiensi waktu dan biaya operasional bongkar muat di pelabuhan.

Mengantisipasi hal tersebut, Pelindo III melakukan penyempurnaan pelayanan terutama dukungan teknologi. Salah satu terobosan yang dihadirkan Pelindo III adalah aplikasi pelayanan sandar dan labuh kapal bernama VASA. Aplikasi ini merupakan program pelayanan kapal yang mengakomodir pencatatan perencanaan, realisasi, dan administrasi pelayanan kapal secara tepat dan tepat sesuai dengan standar prosedur operasi di wilayah kerja Pelindo III.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, aplikasi VASA ini diluncurkan untuk membuat standardisasi proses layanan kapal di seluruh pelabuhan di wilayah kerja Pelindo III, sehingga proses perencanaan sandar kapal yang akan disusun oleh pengguna jasa lebih mudah. Hal ini berdampak langsung pada efisiensi waktu dan biaya proses sandar hingga bongkar muat kapal.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai layanan seperti Planner Modul  yang berfungsi untuk menyimulasikan bagaimana planner (khususnya tambatan) dapat melakukan perencanaan ploting tambatan dan penjadwalan kapal yang akan digantikan serta Real Time Monitoring untuk melakukan kontrol secara langsung kegiatan dengan data real time yang ada di dalam VASA.

“Aplikasi VASA kita sudah terintegrasi langsung dengan layanan TOS  barang dan petikemas serta portal customer punya kita yang telah beroperasi sebelumnya sehingga memudahkan pengguna jasa kita bisa melakukan perencanaan atau Planner panjang masa tambat kapal. Selain itu VASA juga telah diintegrasikan dengan SAP laporan bisa dibuat dengan cepat dan bisa tercapai one day billing,” jelas Doso Agung di Surabaya, Jumat (31/1/2020).

“Yang juga memberi manfaat, aplikasi ini terkoneksi dengan AIS sehingga kita bisa mendeteksi kapal yang ada di area pelabuhan,” tambah Doso Agung.

PT Anugerah Pasific Jaya, salah satu pengguna jasa Pelindo III yang menggunakan VASA dalam kegiatan pelayarannya mengatakan, aplikasi VASA memudahkan pihaknya dalam mengatur dan merencanakan proses tambatan dan sandar hingga bongkar muat. Apalagi dengan VASA hampir sebagian proses pengajuan sandar bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja hanya melalui ponsel.

“VASA lebih memudahkan kita sebagai pengguna jasa di Pelindo III di mana semua rencana dan monitoring kegiatan sandar dan bongkar muat bisa kita lakukan di mana saja dan cukup menggunakan smartphone. Ini membuat lebih efisien dari sisi waktu dan tenaga kami. Selain itu, koordinasi juga lebih mudah karena semua dilakukan menggunakan sistem,” kata Sulton, pegawai PT Anugerah Pasific Jaya.

Doso Agung mengatakan jika segala inovasi teknologi yang dilakukan Pelindo III merupakan bagian dari upaya perusahaan agar terus relevan pada perkembangan teknologi industri 4.0 yang menuntut segala macam pelayanan serba cepat, efisien, fleksibel, dan berbasis teknologi. 

Selain itu, layanan ini juga merupakan bukti kesiapan Pelindo III membangun sistem pelayanan dengan baik dan memiliki database yang mumpuni sehingga siap menjadi terdepan dalam pelayanan di bidang operasi kepelabuhanan di Indonesia.kbc6

Bagikan artikel ini: