Ini cara LPDB KUMKM dorong entrepreuner di kalangan mahasiswa

Rabu, 29 Januari 2020 | 16:20 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM bakal mendorong munculnya koperasi milenial di kalangan kampus.

"Sekarang ini yang akan kita lakukan adalah bagaimana kita melakukan program rebranding, koperasi kampus. itu yang kita dorong, memang di era sekarang tidak menutup kemungkinan bagaimana kita bisa menciptakan entepreuner di kalangan mahasiswa," kata Direktur Utama LPDB KUMKM, Braman Setyo pada acara jumpa pers yang diadakan di Kantor LPDB di Kawasan Pancoran Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2020).

Menurutnya, di era revolusi industri 4.0, kalangan milenial memiliki peranan penting dalam meningkatkan perekonomian nasional.

"Terkait hal tersebut, LPDB KUMKM melihat adanya potensi untuk melahirkan entepreuner baru melalui koperasi mahasiswa yang disingkat Kompa," jelasnya.

Mengingat presentasi populasi koperasi di kalangan milenial masih relatif kecil, yakni 0,24 persen dibanding koperasi non-milenial, peluang LPDB untuk masuk ke pangsa mahasiswa cukup menjanjikan.

"Keterbatasan modal dan unit usaha merupakan masalah yang kerap dialami oleh mahasiswa dalam memulai usaha," tandas Braman Setyo.

Menurutnya, keberadaan LPDB KUMKM di kalangan milenial perlu ditonjolkan dalam upaya mendorong tumbuhnya wirausaha muda di Indonesia.

Sosialisasi, bimbingan reknis, pelatihan perkoperasian dan pengembangan bisnis terus dilakukan LPDB di lingkungan kampus.

"Harapan ke depan, LPDB KUMKM mampu menjadi lembaga layanan yang inklusif dan unggul bagi koperasi dalam pengembangan UMK di Indonesia," tutur Braman Setyo. kbc10

Bagikan artikel ini: