Huawei siapkan smartphone 5G, harga di bawah Rp2 jutaan?

Kamis, 23 Januari 2020 | 14:03 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kalangan pabrikan ponsel tampaknya ancang-ancang untuk melakukan penetrasi besar-besaran dari konektivitas 5G di tahun ini. Semua smartphone flagship di tahun ini pasti akan memiliki varian 5G, bahkan metode jaringan ini ada di smartphone papan tengah.

Nah, berkat pabrikan modem seperti Qualcomm dan MediaTek, konektivitas 5G dimungkinkan juga akan masuk ke smartphone entry level yang harganya murah.

Salah satu vendor yang akan meluncurkan produk tersebut adalah Huawei. Dalam pernyataannya yang dikutip Gizmochina, Presiden Divisi Produk 5G Huawei yakni Yang Chaobin menyebut bahwa smartphone 5G dengan banderol harga US$150 (Rp 2 juta), atau lebih murah, akan bisa dirilis akhir 2020 atau awal 2021.

Deretan smartphone 5G sendiri telah diluncurkan oleh Huawei dan juga sub-mereknya yakni Honor. Di antaranya Huawei Mate 30 5G, Mate 20 X 5G, Nova 6 5G, serta Honor V30 Pro.

Huawei juga mengklaim bahwa pihaknya meraih jumlah pengkapalan perangkat 5G di angka 6,9 juta unit di tahun 2019.

Dalam riset terpisah, disebut bahwa smartphone 5G kini makin diminati. Hal ini terlihat dari 5 juta unit yang terjual hanya di Desember 2019 saja.

Meski demikian, banyak perangkat yang hanya terbatas di Tiongkok saja. Hal ini karena beberapa perusahaan layanan telko di Tiongkok telah meluncurkan 5G. Sisanya, 5G telah diterapkan di Korea Selatan dan AS. kbc10

Bagikan artikel ini: