PON 2020, balap sepeda tetap digelar tapi di Jawa Timur

Sabtu, 18 Januari 2020 | 13:15 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kabar gembira bagi pecinta balap sepeda. Jika sebelumnya cabang olahraga ini bakal ditiadakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua, akhirnya cabang ini akan dipertandingkan meski di luar provinsi Bumi Cendrawasih.

Jawa Timur telah menyatakan kesediaan menjadi tuan rumah. Keputusan itu disampaikan oleh Ketua Umum PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Raja Sapta Oktohari setelah rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta pada Jumat (17/1/2020).

"Balap sepeda tetap dipertandingkan di PON 2020 nanti. Hanya saja lokasinya di Jatim," kata pria yang akrab dipanggil Okto itu.

Hanya saja, pria yang juga Ketua NOC Indonesia/KOI itu belum menjelaskan secara terperinci waktu pelaksanaannya. Dengan dipertandingkannya balap sepeda pada kejuaraan 4 tahunan ini menunjukkan upaya yang dilakukan stakeholder balap sepeda berhasil.

"Terima kasih kepada semua jajaran pengurus PB ISSI dan segenap stakeholder balap sepeda atas dukungan dan doanya sehingga nomor balap sepeda tetap dilaksanakan dalam PON 2020," kata Okto.

PON 2020 Papua bakal berlangsung di beberapa kota di Bumi Cendrawasih, 20 Oktober hingga 2 November. Ada 37 cabang olahraga yang dipertandingkan. Namun, seiring perjalanan waktu ada perubahan termasuk dipertandingkannya balap sepeda meski belum ada penetapan secara resmi.

Sebelumnya ada 10 cabang olahraga yang urung dipertandingkan pada PON 2020. Selain balap sepeda ada ski air, bridge, woodball, gateball, golf, soft tenis, tenis meja, dansa, dan petanque. kbc10

Bagikan artikel ini: