Bandara Kertajati kembali layani penerbangan umrah

Rabu, 8 Januari 2020 | 20:14 WIB ET
(Istimewa)
(Istimewa)

MAJALENGKA - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat resmi kembali melayani penerbangan umrah. Hal tersebut ditandai dengan dibukanya pelayanan penerbangan umrah Citilink Indonesia melalui BIJB pada Rabu (8/1).

Dalam menyelenggarakan penerbangan umrah ini, Citilink menggandeng BNI Syariah yang bekerja sama dengan PT BIJB, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, PT Angkasa Pura (AP) II, dan Kanomas Tour & Travel.

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan, penerbangan umrah dengan rute Kertajati-Jeddah ini merupakan bentuk tindak lanjut dari arahan Kementerian Perhubungan (Kemhub).

“Umrah perdana lewat Kertajati ini juga sebagai dukungan perusahaan terhadap program pemerintah yang sudah menetapkan Kertajati sebagai bandara embarkasi haji tahun 2020 untuk jemaah asal Jawa Barat," kata Juliandra dalam keterangan resmi, Rabu (8/1/2020).

Dalam penerbangan perdana tersebut Citilink menerbangkan sekitar 108 jemaah umrah dengan menggunakan pesawat Airbus A320 NEO. Menurut Juliandra, Citilink menjadwalkan kembali penerbangan Kertajati-Jeddah pada 15 Januari 2020.

Sementara itu, Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi mengatakan, penerbangan umrah perdana oleh Citilink ini membuka kembali rute umrah yang sebelumnya sempat terhenti. Kepercayaan Citilink, menurutnya, menunjukkan kesiapan bandara tersebut melayani penerbangan internasional. Sebelumnya, maskapai yang melayani penerbangan umrah melalui BIJB adalah Lion Air.

“Kami siap melayani penerbangan haji 2020, kami juga sudah siap dengan penerbangan umrah. Inagurasi penerbangan umrah perdana Citilink ini bukti kesiapan kita menggelar penerbangan internasional. Haji, umrah, dan penerbangan internasional kita sudah siap,” kata Salahudin Rafi.

Di sisi lain, selain rute Kertajati-Jeddah, Citilink Indonesia juga melayani rute Semarang-Jeddah untuk penerbangan umrah serta kota-kota lainnya.

Selanjutnya, terang Juiiandra, pada 26 Januari 2020, Citilink Indonesia akan melayani rute Surabaya - Jeddah dengan nomor penerbangan QG 526 yang beroperasi tiga kali dalam seminggu dengan menggunakan pesawat Airbus A330-900 NEO berkapasitas 365 penumpang. kbc3

Bagikan artikel ini: