Program Sejuta Rumah sukses bangun 1,2 juta unit

Rabu, 8 Januari 2020 | 07:44 WIB ET
(Istimewa)
(Istimewa)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan menyatakan capaian pembangunan rumah untuk masyarakat sampai akhir tahun 2019 telah mencapai 1.257.852 unit.

Berdasarkan data yang dimiliki Kempupera, dari angka capaian tersebut tercatat pembangunan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) jumlahnya sekitar 945.161 unit dan rumah untuk non MBR sekitar 312.691 unit rumah.

“Alhamdulillah capaian Program Sejuta Rumah hingga tanggal 31 Desember 2019 angkanya mencapai 1.257.852 unit rumah,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kempupera, Khalawi Abdul Hamid, dalam siaran persnya, Selasa (7/1/2020).

Khalawi menjelaskan, capaian Program Sejuta Rumah tahun 2019 tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan di Indonesia seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengembang perumahan, perbankan, sektor swasta dan masyarakat.

Kempupera berharap, kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak untuk pelaksanaan Program Sejuta Rumah ini bisa tetap dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi pada tahun 2020.

Program Sejuta Rumah, imbuh Khalawi, merupakan salah satu terobosan bidang perumahan yang dilaksanakan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) guna menyediakan hunian yang layak dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Program tersebut juga merupakan wujud nyata kehadiran negara dalam memenuhi kebutuhan hunian yang layak bagi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

“Program Sejuta Rumah tahun ini akan tetap dilanjutkan mengingat masih banyak masyarakat yang masih membutuhkan hunian yang layak huni,” kata Khalawi.

Bagikan artikel ini: