Suzuki Saluto 125, perkawinan Vespa dan Lambretta penantang Fino dan Scoopy

Selasa, 31 Desember 2019 | 19:59 WIB ET

BANGKOK, kabarbisnis.com: Suzuki tengah menyiapkan motor retro penantang Yamaha Fino dan Honda Scoopy, dengan nama Saluto 125. Motor yang baru saja dikenalkan di Taiwan ini berdesain klasik dan diklaim sangat cocok untuk wanita

Mereka yang tertarik motor-motor Italia akan dipastikan akan menganggap, Saluto 125. adalah perpaduan skuter legendaris Eropa yakni, Vespa dan Lambretta

Seperti dilansir dari xedoisong, Pengaruh dari Eropa tidak hanya tercermin dalam desain keseluruhan, tetapi juga dalam setiap detail kecil untuk membuat Saluto terlihat lebih mewah, lebih maju. Sadel sepeda ditutupi bahan kulit dengan jahitan berlapis canggih dan meskipun memiliki penutup plastik, bagian depan masih memiliki garis vertikal vertikal seperti model skuter Eropa menggunakan kerangka baja di masa lalu.

Melihatnya sekilas, mirip Vespa. Lampu depan di batok dan bodi bahenol jadi ciri khas. Kemudian warna bodi dibuat polos, tanpa grafis.

Aura retro juga keluar lewat penggunaan speedometer analog yang dikombinasikan digital. Hadir pula spion bulat. Perbedaan dengan Vespa, ada beberapa tarikan desain yang lebih tegas. Sebut saja lampu depan dengan gaya tidak bulat sempurna. Kemudian lampu sein dirancang pipih. Tidak ketinggalan, lampu belakang dirancang mengotak.

Desain bodi bahenol seperti ini, membuat bagasi di bawah jok menjadi luas seperti Vespa. Walau belum ada spesifikasi resmi, namun terlihat kalau helm half face model retro sepertinya muat di sana.

Sosok retro yang muncul dari motor ini, salah satunya lewat penggunaan ban kecil berdesain lebar. Jika menatapnya sekilas, mirip karet bundar yang dipakai Honda Scoopy dan skuter-skuter Vespa. Spesifikasi Suzuki 125 untuk bannya adalah 100/90-10 inci di roda depan serta belakang.

Khusus pelek, pakai gaya 5-palang seperti bintang. Ada pula rem cakram di depan sebagai standar pengereman. Sementara roda belakang masih menggunakan teromol. Suspensi depan pakai teleskopik ganda dan belakang monoschok.

Bagaimana dengan mesin? Spesifikasi Suzuki Saluto 125 menggunakan jantung mekanis serupa dengan Suzuki Swish 125. Mesin tersebut berkapasitas 125 cc berteknologi SEP, berpendingin udara, dan berkonfigurasi satu silinder. Torsi puncak mesin ini bisa memuntahkan torsi 10 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga maksimal 9,27 Hp pada 7.000 rpm. kbc10

Bagikan artikel ini: