Optimisme pebisnis Indonesia kempit kinerja moncer meningkat di 2020

Senin, 30 Desember 2019 | 08:12 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Grant Thornton Indonesia melaporkan hasil International Business Report (IBR) untuk semester II tahun 2019, dimana ada lonjakan ekspektasi pelaku bisnis Indonesia atas keuntungan usaha yang mencapai 84% dari survei periode sebelumnya di 70%. 

Angka tersebut juga tercatat merupakan rekor tertinggi dari survei-survei IBR sebelumnya, serta jauh lebih tinggi dari angka rata-rata ASEAN dan Asia Pasifik yang masing-masing ada di angka 69% dan 54%. Iklim bisnis dalam negeri yang cukup kondusif setelah pelantikan presiden serta pengumuman kabinet pemerintahan baru tampaknya mendorong keyakinan pelaku bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dalam 12 bulan ke depan. 

Tren positif tersebut juga diikuti dengan meningkatnyaekspektasi pendapatan pelaku bisnis Indonesia sebanyak 2 poin dari 85% pada laporan di periode sebelumnya menjadi87% di periode kali ini.

Managing Partner Grant Thornton Indonesia Johanna Gani mengatakan, ekspektasi pendapatan maupunkeuntungan usaha yang positif melanjutkan tren kenaikan dari laporan di periode sebelumnya. 

"Hal tersebut menunjukkan signal positif dari market atas perkiraan iklim usaha yang kondusif untuk 12 bulan ke depan," ujar Johanna di Jakarta, akhir pekan lalu.

Optimisme pelaku bisnis Indonesia juga menempati posisi tertinggi kedua secara global setelah Vietnam dan berada di level 78%, jauh di atas rata-rata negara Asia Pasifik danASEAN yang masing-masing berada di level 56% dan 59%. 

Dalam hal kendala utama potensial untuk bisnis selama 12 bulan ke depan, ketidakpastian global ekonomi adalah yang paling sering dikutip oleh responden dengan 44% menyoroti sebagai risiko utama, karena memberikan pengaruh yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di dalam negeri. Namun, angka tersebut turun dari 55% di H2 2018. 

Sekitar sepertiga dari perusahaan juga mengidentifikasi kekurangan keterampilan dan biaya tenaga kerja sebagai kendala potensial, meskipun demikian angka tersebut masih berada di bawah rata-rata ASEAN dan Global serta telahturun jika dibandingkan survei di periode sebelumnya semester awal 2019. 

Berbagai respon positif yang ditunjukkan pelaku usaha darisisi optimisme bisnis serta harapan atas pendapatan dan keuntungan ini sejalan dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi atau gross domestic product (GDP) Indonesia tahun ini yang diperkirakan naik menjadi 5.2%. 

“Indikator makro positif dan antusiasme dari sisi pelaku usaha adalah resep untuk optimisme bisnis yang akan berimbas positif terhadap pasar, hal tersebut menjadikan Indonesia salah satu negara dengan kemungkinan pertumbuhan ekonomi terbesar di tahun depan,” pungkas Johanna. kbc10

Bagikan artikel ini: