Hadirkan New Baleno, Suzuki incar 20% pangsa pasar hatchback di Jawa Timur

Sabtu, 21 Desember 2019 | 02:24 WIB ET
Dari kiri; Sales and Marketing Director PT.UMC Fredy Teguh, Head of Digital Marketing 4W PT SIS Roy Asthngkoro, General Manager PT SBT Fie An, dan 4W Managing Director PT SIS Hideaki Tokuda pada peluncuran Suzuki New Baleno di Surabaya.
Dari kiri; Sales and Marketing Director PT.UMC Fredy Teguh, Head of Digital Marketing 4W PT SIS Roy Asthngkoro, General Manager PT SBT Fie An, dan 4W Managing Director PT SIS Hideaki Tokuda pada peluncuran Suzuki New Baleno di Surabaya.

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama PT United Motors Centre (UMC) dan PT Sejahtera Buana Trada (SBT) selaku diler resmi mobil Suzuki di Jawa Timur resmi memperkenalkan generasi terbaru Baleno. Generasi ke-6 Baleno ini memakai nama New Baleno, dan mengusung tagline The Complete Hatchback.

Menariknya, peluncuran mobil ini dilakukan secara bersamaan di Jakarta dan Surabaya. Hal ini tak lepas dari besarnya potensi pasar kendaraan ini di Jawa Timur.

4W Managing Director PT SIS, Hideaki Tokuda mengatakan, Surabaya menjadi salah satu kontributor terbesar terhadap penjuaian Baleno secara nasional. Da selama ini Surabaya menjadi pintu gerbang kawasan Indonesia Timur. Hal ini pula yang mendasarinya untuk menghadirkan New Baleno kepada peianggan Suzuki di Surabaya dan Jawa Timur secara bersamaan dengan Jakarta.

"Dengan hadirnya New Baleno, kami berharap penjualan di Surabaya dan Jawa Timur akan terus meningkat, dan kian menjadi pelangkap gaya hldup urban dan keluarga muda yang dinamis di Surabaya," katanya pada acara peluncuran Suzuki New Baleno di Surabaya, Jumat (20/12/2019).

Suzuki New Baleno memiliki desain eksterior dan interior yang kini tampil lebih premium dan modern. Dari sisi eksterior, mobil ini mendapat LED projector headlamp, sporty black polished alloy wheel, sporty new bumper design with new grill & foglamp design, serta spacious cabin with new interior color and pattern.

Untuk mesinnya, menggunakan K41B berkapasitas 1.373 cc, dengan tenaga 92,4 PS pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.200 rpm. Mesin tersebut tersedia pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Suzuki New Baleno juga masih dibekali fitur-fitur kekinian seperti push start stop button dan keyless entry, layar MID informatif, audio touchscreen, switch audio control dan bluetooth connection, AC dengan fitur auto climate dan heater, serta setir yang bisa diatur secara tilt dan telescopic.

Soal fitur keamanan, hatchback yang mengusung platform Heartect ini sudah dilengkapi rem ABS (Antilock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), Isofix, dan dual SRS Airbag.

Adapun warna Suzuki New Baleno yang bisa dipilih antara lain solid fire red, metallic premium silver, pearl arctic white, prime stargaze blue, pearl midnight black, dan warna baru metallic magma gray. 

Harga On The Road (OTR) New Baleno untuk Surabaya adalah Rp 243 juta untuk transmisi otomatis dan Rp 231 juta untuk transmisi manual.

Head of Digital Marketing 4W PT SIS, Roy Asthngkoro mengatakan, sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 1996 hingga saat ini, Baleno telah dipasarkan lebih dari 51 ribu unit secara nasional.

"Kini dengan fitur-fitur keamanan dan kenyamanan yang lengkap serta desain yang lebih premium dan modern, kami optimis New Baleno akan mendapat respons positif dari pelanggan karena menawarkan nilai terbaik di kelasnya," ujarnya.

Sales and Marketing Director PT.UMC, Fredy Teguh mengungkapkan, penjualan Baleno di Surabaya sendiri meraih hasil yang positif di tahun 2019 ini. Sepanjang Januari-November 2019, Baleno telah meraih pangsa pasar hatchback car sebesar 12,9%. Bahkan pada November 2019 lalu, Baleno berhasil menguasai market share hingga 17,7%.

"Oleh karenanya, kami aptimistis New Baleno bisa diterima dengan baik oleh konsumen, dan target kami ke depan New Baleno bisa mendongkrak pangsa pasar di segmen Hatchback di Jatim menjadi sebesar 20 persen," ujarnya.

Group Head of Sales 4W PT SIS, Darwin menambahkan, sejak hadirnya Baleno Hatchback, penjualan model ini di Jawa Timur terus meningkat. Pada tahun 2018 lalu, penjualan Baleno di Jawa Timur rata-rata sebanyak 33 unit per bulan. Sementara pada tahun 2019 ini, penjualannya naik menjadi 47 unit rata-rata per bulan.

"Oleh karena itu, dengan hadirnya New Baleno ini kami optimistis akan terus meningkat, dan akan mampu mendongkrak pangsa pasar Suzuki dimana tahun ini juga sudah naik 1,7 persen di Jawa Timur," ujar Darwin. kbc7

Bagikan artikel ini: