Tenang! Rayakan libur Nataru dijamin tak byar-pet

Sabtu, 14 Desember 2019 | 09:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah memastikan tidak akan terjadi pemadaman listrik secara massal alias blackout selama masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Hal itu menjadi keputusan rapat terbatas (ratas) mengenai persiapan natal 2019 dan tahun baru 2020.

"Dirut PLN sampaikan, periode 18 Desember 2019 sampai 8 Januari 2020 dijamin seluruh pembangkit beroperasi dan tidak ada Blackout seperti yang lalu," kata Seskab Pramono Anung di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Sementara itu, Plt Direktur Utama PT PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani mengungkapkan akan berusaha maksimal agar tak terjadi blackout selama libur nataru atau periode tanggal 18 Desember 2019 sampai 8 Januari 2020.

"Seluruh pembangkit kami operasikan dan juga jaringan transmisi atau jaringan transmisi ini kami dalam posisi operasi tidak ada pemeliharaan. Dan inilah yang membuat kami meyakini bahwa tidak ada gangguan," kata Sripeni.

Dikatakan Sripeni, PLN juga menyiapkan 2.540 unit genset yang akan disebar ke seluruh wilayah di Indonesia untuk menjamin layanan listrik selama nataru.

"Kami telah menyiapkan cadangan yang cukup yaitu adanya genset yang hidup sebanyak 2.540 unit yang nanti akan tersebar dan ini merupakan backup atau cadangan apabila terjadi sesuatu tapi kita harapkan posko-posko juga sudah siap. Ada 29.200 petugas dan tersebar di 2.143 posko. Jadi semuanya pada posisi yang siap siaga," ungkapnya.

Sementara Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menjamin ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) baik transportasi darat, laut, maupun udara sudah disiapkan.

"Kami sudah prediksi untuk arus mudik ada kenaikan 3,4 persen, dan kebutuhan tambahan baik gasoline, BBM, avtur, dan juga elpiji. kami sudah siapkan masing-masing 3,4 persen sampai 5,7 persen seluruh cadangan pasokan sudah disiapkan," kata Nicke.

Selain itu, Nicke mengungkapkan pihaknya akan menyediakan BBM dalam kemasan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Kami siapkan sarana dan prasarana di titik-titik di mana terkonsentrasi aktivitas natal dan tahun baru juga titik-titik wisata. Demikian juga tol Trans Sumatra dan Trans Jawa yang beroperasi dan fungsional. Di sepanjang jalur itu 1.500 SPBU permanen, dan 200 yang mobile. Call center 135 juga kami operasikan di seluruh Indonesia dan kami siap kirimkan BBM kemasan via motor," ungkap dia. kbc10

Bagikan artikel ini: