Seleksi CPNS 2020, posisi ini yang paling banyak dibutuhkan

Rabu, 11 Desember 2019 | 12:31 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo memastikan, pemerintah bakal kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2020 jika kuota tahun ini belum mencukupi.

Dia berasalan, pada tahun-tahun sebelumnya seleksi CPNS di beberapa daerah jumlah peserta yang lulus tidak mencukupi kebutuhan.

"Tahun kemarin itu ada banyak daerah yang tidak lulus semua juga ada," kata dia, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Dia mengungkapkan, saat ini tenaga yang dibutuhkan untuk CPNS adalah jurusan IT dan tenaga spesialis lainnya, seperti dokter hingga ahli intelijen untuk formasi di BIN. "Kalau ada yang memenuhi kebutuhan masih banyak maka tahun depan kalau (seleksi CPNS 2019) ini sudah selesai akan kami buka lagi," ujarnya.

Namun dia mengaku belum mengetahui kapan kira-kira seleksi CPNS 2020 bakal dibuka. Sebab, untuk proses seleksi tahun ini saja memakan proses yang tidak sebentar sejak pembukaan dibuka pada 11 November lalu.

Dia mengatakan, posisi yang akan paling banyak dibutuhkan pada 2020 adalah tenaga pengajar dan kesehatan, terutama untuk penempatan di daerah.

"Jadi ke depan kita mengutamakan untuk pengadaan tenaga guru, dan tenaga kesehatan, di tambah tenaga-tenaga penyuluhnya. Makanya kalau tahun ini sudah, kita nanti buka lagi," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: