Wow! Ekonomi di luar Jawa tumbuh lampaui rata-rata nasional

Minggu, 8 Desember 2019 | 07:39 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Ekonomi di luar pulau Jawa rupanya mengalami pertumbuhan cukup apik. Di saat pertumbuhan ekonomi nasional per kuartal III/2019 lesu di angka 5,02 persen, daerah-daerah di luar Jawa justru mampu tumbuh di atas rata-rata nasional.

Berdasarkan laporan Bank Indonesia (BI), salah satu daerah yang mampu tumbuh lebih tinggi dari angka nasional adalah Kalimantan, yakni mencapai 5,92 persen (yoy).

Provinsi di Kalimantan dengan pertumbuhan ekonomi tinggi adalah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Kedua provinsi tersebut masing-masing mampu tumbuh 6,89 persen dan 6,53 persen pada kuartal III/2019.

Wilayah Bali dan Nusa Tenggara (Balinusra) tercatat mampu tumbuh di angka 5,28 persen (yoy). Angka ini lebih baik dibandingkan dengan kuartal II/2019 di mana perekonomian Balinusra tercatat tumbuh 5,03 persen (yoy).

Meski di bawah rata-rata nasiona, Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua) juga tercatat mampu tumbuh hingga 2,26 persen (yoy). Ini sudah jauh lebih baik dari kuartal III/2019 yang tercatat hanya tumbuh sebesar 0,66% (yoy).

Namun, Provinsi Sulawesi Selatan tercatat sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi dengan angka mencapai 7,21 persen (yoy). Pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah pun tidak kalah tinggi dengan pertumbuhan masing-masing di angka 6,18 persen (yoy) dan 6,07 persen (yoy).

Menurut BI, pertumbuhan ekonomi Kalimantan bisa tinggi karena meningkatnya permintaan domestik terutama investasi. Hal ini seiring dengan banyaknya proyek pembanguan yang sedang berjalan. kbc10

Bagikan artikel ini: