Pengumuman! Pengguna Instagram kini dibatasi minimal 13 tahun

Jum'at, 6 Desember 2019 | 07:54 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Instagram mulai melakukan filter terhadap calon penggunanya. Kali ini, aplikasi berbagi foto dan video ini mengumumkan aturan baru bagi calon pengguna yang akan membuat akun Instagram. Dimana usia yang diperbolehkan bagi pendaftar akun Instagram adalah minimal 13 tahun. Aturan ini diberlakukan di sebagian besar negara, termasuk Indonesia. 

Menurut Instagram, aturan ini dibuat untuk mencegah pengguna yang belum cukup umur memiliki akun Instagram. Aturan ini juga menyesuaikan undang-undang perlindungan data yang berlaku di Eropa dan Amerika Serikat. Negara tersebut diketahui sangat ketat dengan penggunaan data digital, terutama perlindungan data anak-anak. 

"Mengetahui usia pengguna sangat penting bagi kami, tidak hanya untuk menciptakan pengalaman yang sesuai umur tapi juga untuk menyesuaikan aturan lama kami untuk tidak mengizinkan akses ke pengguna di bawah umur," jelas Vishal Shah, Kepala Produk Instagram sebagaimana diberitakan Reuters, Kamis (5/12/2019). 

Setelah perubahan ini, pengguna yang tidak memenuhi kriteria usia akan langsung gagal membuat akun Instagram. Dari keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (5/12), informasi tanggal lahir di Instagram tersebut tidak akan bersifat umum. Artinya, informasi ini hanya bisa dilihat oleh pemilik akun saja. 

Apabila pengguna mendaftar Instagram menggunakan Facebook, tanggal lahir yang tercantum di sana akan secara otomatis mengikuti saat mendaftar Instagram. Jika pengguna mengganti usia di Facebook, maka informasi tanggal lahir di Instagram akan menyesuaikan pula. 

Instagram minta informasi tanggal lahir untuk pengguna baru.(Instagram) Namun, jika tidak mendaftar akun Instagram dengan Facebook, informasi tanggal lahir di Instagram bisa diubah manual. 

"Dalam beberapa bulan mendatang, Instagram akan menggunakan informasi tanggal ulang tahun pengguna untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal, misalnya edukasi seputar kontrol akun dan rekomendasi pengaturan privasi bagi anak remaja," tulis Instagram. 

Tidak hanya aturan usia, Instagram juga membuat aturan baru untuk mengontrol pesan langsung alias direct message (DM). Kini, pengguna bisa mengatur agar hanya orang yang mereka ikuti saja yang bisa mengirimkan pesan dan menambahkan mereka ke grup percakapan DM. 

Selama ini, pengguna Instagram, terutama yang membuka akunnya kepada publik, bisa dimasukkan ke dalam grup DM secara sembarangan oleh orang lain yang bahkan tidak mengikuti akunnya. 

Nantinya, orang yang mengaktifkan pengaturan ini tidak akan lagi menerima pesan, permintaan pesan grup, atau balasan Stories dari orang-orang yang tidak mereka ikuti. kbc10

Bagikan artikel ini: