Ruas tol ini dibuka gratis selama libur Nataru

Selasa, 3 Desember 2019 | 07:55 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah memastikan bakal membuka sejumlah ruas tol secara fungsional selama libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Karena fungsional, pengendara yang melewati tol tersebut tidak dikenakan tarif alias gratis.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, total panjang jalan tol yang akan dibuka fungsional selama libur Nataru ialah 134,5 kilometer (km) 

"Itu (134,5 km) kalau fungsional nggak ada tarifnya, ya gratis," kata Basuki usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Jumlah tersebut tersebar di beberapa lokasi. Berikut daftar tol yang dapat digunakan pemudik Nataru tanpa tarif:

  1. Ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 33 km,
  2. Ruas tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 9,5 km,
  3. Ruas tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 66 km,
  4. Ruas tol Manado-Bitung sepanjang 26 km.

Selain ruas di atas, pihaknya juga akan membuka ruas tol Jakarta Cikampek II atau elevated (layang) pada 15 Desember. Tol layang terpanjang di Indonesia itu juga akan beroperasi secara gratis selama libur Nataru ini.

"Japek elevated insyaallah diresmikan pada minggu kedua Desember 2019. Mudah-mudahan full minggu kedua Desember, rencananya gratis sampai Nataru nanti," papar Basuki.

Ia menjelaskan, pemberlakuan tol secara gratis ini akan mengikuti waktu libur Nataru. Sehingga, ia belum bisa menyebutkan sampai kapan kebijakan tersebut akan berlaku.

"Libur Nataru itu sampai kapan? Saya mengikuti itu saja," pungkas dia. kbc10

Bagikan artikel ini: