Telkomsel jaring siswa SMK dalam program IndonesiaNEXT 2019

Jum'at, 29 November 2019 | 23:56 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT sebagai program yang menyasar pada peningkatan keahlian profesional para mahasiswa sebagai persiapan SDM unggul. 

Digelar sejak tahun 2016, IndonesiaNEXT akan memberikan kuliah umum, kursus online, pelatihan, dan sertifikasi bagi para peserta yang menitikberatkan pada kemampuan di bidang teknologi digital. Peserta terbaik yang mampu melewati seluruh tahapan tersebut akan mengikuti bootcamp dalam menentukan peserta terbaik IndonesiaNEXT 2019.

Menariknya, di tahun keempat ini, IndonesiaNEXT menjaring para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sebelumnya program ini hanya melibatkan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi. Hal ini merupakan pilot project, setelah kegiatan IndonesiaNEXT sebelumnya, selalu menyasar kalangan mahasiswa.

General Manager Mass Market Segment Sales Area Jawa Bali Telkomsel, Eko Atmaja mengatakan, sebagai digital telco company yang senantiasa berkomitmen untuk memberikan manfaat lebih dari setiap solusi digital yang diberikannya, Telkomsel berupaya untuk terus bergerak maju mengakselerasikan pengembangan SDM di Indonesia agar mampu memiliki daya saing hingga ke tingkat intemasional. Ini selaras dengan visi pemerintah dalam menjadikan pengembangan SDM sebagai salah satu prioritas pembangunan.

"Melalui IndonesiaNEXT ini yang merupakan salah satu CSR Masterpiece Program Telkomsel dalam bidang Pendidikan bersertifikasi standar intemasional, kami mempunyai tujuan utama untuk mendukung program pemerintah dan dunia pendidikan dalam meningkatkan skill digital talent generasi muda untuk bisa lebih bersaing di era global." katanya di sela acara IndonesiaNEXT di SMKN 1 Surabaya, Jumat (29/11/2019).

Pada gelaran di SMK Negeri 1 Surabaya, Telkomsel menghadirkan Surya Adi Wijaya (Founder dan CEO Tepat Guna Tech), M. Pramono (Managing Director People Academy), serta Dhanar Jabro Febiansah (content creator).

Menurut Eko, Fokus IndonesiaNEXT dalam meningkatkan kemampuan teknologi digital para peserta diharapkan mampu mendorong ekosistem digital di Indonesia yang berkelanjutan. 

”Sejak diselenggarakan pada 2016, IndonesiaNEXT telah menjangkau sekitar 40.000 peserta dari ribuan universitas di seluruh Indonesia. Antusiasme yang ditunjukkan para generasi penerus bangsa ini menjadi pembakar semangat Telkomsel untuk kembali menggelar program tersebut tahun ini," tambah Eko yang mengaku sudah menelorkan 4.800 sertifikat kepada mahasiswa melalui training dalam program IndonesiaNEXT.

Telkomsel sendiri bakal menyelenggarakan IndonesiaNEXT 2019 di delapan lokasi kegiatan di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, ada 4 perguruan tinggi dan 4 SMK yang tersebar di Bandung, Yogyakarta, Samarinda, Banjarmasin, Surabaya dan Sumedang.

Officer CSR Program Telkomsel, Mulyana mengatakan, empat SMK yang digandeng tahun ini adalah SMKN1 Bandung, SMK Negeri Sewon Yogyakarta, SMKN 1 Surabaya, dan SMKN 1 Sumedang. Sedangkan untuk perguruan tinggi yakni ITB, UGM, Universitas Mulawarman Samarinda, dan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

"Dalam seleksi di setiap sekolah atau perguruan tinggi akan dijaring 30 pelajar terpilih untuk megikuti bootchamp, dan nantinya akan dipilih lagi di tingkat nasional sebanyak 30 orang yang akan ada challenge skala internasional," jelasnya.

Targetnya 20 dari peserta yang masuk boothcamp nasional tahun ini berkesempatan ikut short course di Singapura dan 10 short course di Eropa. Tahun lalu short course digelar di Singapura dan Jepang.

Selain mendapat shot course, para pemegang sertifikat training yang masuk boothcamp di sekolah atau perguruan tinggi tersebut tentunya mendapat nilai lebih ketika mereka melanjutkan kerja.

"Dari pengalaman yang sudah ada, beberapa lulusan training kita diterima bekerja di Google, Telkom, atau perusahaan ternama lain," pungkas Mulyana. kbc7

Bagikan artikel ini: