Kuartal IV melemah, AISI tetap optimis penjualan motor 2019 tembus 6,4 juta unit

Rabu, 20 November 2019 | 09:29 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) tetap berkeyakinan target penjualan motor nasional sebesar 6,4 juta unit pada tahun ini akan bisa tercapai. Angka itu naik tipis dari raihan tahun lalu yang sebesar 6.384.111 unit. 

Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala, mengatakan, target tersebut naik kurang lebih tiga persen dari tahun lalu. Angka tersebut cukup realistis mengingat ada sedikit penurunan penjualan pada kuartal IV-2019. 

"Faktornya di semester satu masih bagus, harga komoditi masih oke, beberapa sektor UKM juga bagus, sektor manufacturing juga masih oke, cuma di akhir kuartal tiga atau awal kuartal empat itu harga komoditi melemah, dan manufaktur juga melemah, jadi menurunkan daya beli buat yang padat karya," kata Sigit seperti dikutip, Selasa (19/11/2019). 

Sigit mengatakan, pada kuartal empat komoditi melemah karena faktor perang dagang. Sedangkan manufaktur melemah karena permintaan di dalam dan di luar negeri sedikit turun sehingga otomatis membuat beberapa pabrik tidak ada lembur. 

Dia bilang, sampai Oktober 2019 penjualan motor nasional mencapai 5,5 juta unit. Sigit pun optimistis, dalam dua bulan terakhir yaitu November dan Desember kekurangan target 900.000 unit dapat terealisasi. "Kita optimis kalau segitu, karena rata-rata tiap bulannya 500.000," katanya. 

Sepanjang 2019, Sigit mengatakan, segmen skuter otomatik (skutik) masih merajai penjualan motor nasional mencapai 86%, atau naik 0,5% dari tahun lalu. Posisi kedua disusul segmen bebek sebanyak 8% dan segmen sport di tempat ketiga sebesar 6%. kbc10

Bagikan artikel ini: