Ini upaya Kemendag antisipasi lonjakan harga bahan pokok jelang Nataru

Kamis, 14 November 2019 | 10:35 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) berencana menggelar operasi pasar di 15 provinsi mulai 16 November hingga 20 Desember 2019 mendatang. Hal itu guna menjaga stabilitas harga bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020.

"Selama periode keagaamaan nasional memang rawan mengalami gejolak pasar khususnya bahan pokok akibat naiknya permintaan. Untuk itu, pada 16 November hingga 20 Desember tim kemendag akan turun langsung ke pasar untuk jaga kecukupan pasokan," kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di kantornya, Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Agus mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Provinsi, Divisi Regional Bulog dan Satgas Pangan dalam memastikan kesediaan kebutuhan pangan pokok di pasar rakyat, ritel modern dan gudang kebutuhan pokok.

Upaya lainnya adalah menjaga stabilitas harga agar sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) jelang Nataru.

"Kemendag dengan Pemda, Divre Bulog, dan Satgas Pangan memastikan harga kebutuhan bahan pokok stabil serta sesuai HET dan acuan harga yang ditetapkan," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Suhanto menyebutkan operasi pasar akan dilakukan di 15 provinsi.

"Mulai minggu kedua November sampai minggu kedua Desember kita akan penetrasi pasar di 121 pasar Kabupaten/Kota. Kita akan turun di pasar-pasar, kerja sama dengan tim daerah dan satgas daerah," jelasnya.

15 Provinsi tempat operasi pasar tersebut yakni Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua, Papua Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali. kbc10

Bagikan artikel ini: