Alibaba raup transaksi Rp14 triliun dalam 1 menit pada Single Days 11.11

Senin, 11 November 2019 | 16:20 WIB ET

JAKARTAT kabarbisnis.com: Tanggal cantik identik dengan hari belanja diskon besar-besaran di  toko online. Situs belanja online berlomba-lomba untuk menghadirkan barang-barang yang disertai diskon untuk menarik perhatian calon pembeli.

Alibaba Group pun juga tidak mau ketinggalan untuk mengadakan diskon besar-besaran. Tidak hanya di China, Festival Belanja Alibaba Group ini diadakan secara global. Kegiatan berbelanja barang diskon ini digadang-gadang menjadi festival belanja nonstop 24 jam terbesar di dunia.

Seperti dilansir dari keterangan tertulis, Senin (11/11/2019), rekor-rekor belanja juga dicetak Festival Alibaba 2019 ini. Hanya dalam waktu 1 menit 8 detik, transaksi yang dibayarkan lewat Alipay mencapai US$1 miliar atau setara Rp14 triliun (Kurs Rp14.000 per USD).

Satu jam pertama, Gross Merchandise Volume (GMV) mencapai US$12 miliar setara Rp168 triliun (Kurs Rp14.000 per USD). Kemudian mendapatkan pemasukan sebesar US$18,32 miliar setara Rp256 triliun (Kurs Rp14.000 per USD).

Bahkan dalam acara puncak Festival Belanja Alibaba itu mencapai 544.000 pesanan per detik. Pencapaian ini lebih tinggi daripada jumlah pesanan pada festival belanja pertama kali yaitu tahun 2009.

Daftar-daftar Negara dengan penjualan tertinggi dalam satu jam pertama yaitu Jepang, Amerika Serikat, Korea, Australia, Jerman, Inggris, Perancis, Italia, Kanada, dan Selandia Baru.

Adapun produk impor yang banyak dibeli konsumen Tiongkok berdasarkan GMV seperti suplemen makanan untuk kesehatan, masker wajah, susu bayi dan balita, makeup, popok, set perawatan kulit, emulsion (bagian dari perawatan kulit), serum kulit wajah, pembersih wajah, serta nutrisi bayi dan balita.

Tidak hanya itu, ‘Tango’ brand asli Indonesia menjadi salah satu brand yang dipromosikan dalam Festival Alibaba 2019 ini.

Pada festival belanja global ini juga menampilkan sederet artis papan atas guna memeriahkan kegiatan. Sebut saja Taylor Swift, Kana Hanazawa, Aida Garifullina, dan tim dance terkenal, The Royal Family and Kinjaz. kbc10

Bagikan artikel ini: