BCA rampungkan akuisisi Bank Royal Rp988 miliar

Rabu, 6 November 2019 | 14:55 WIB ET
(Istimewa)
(Istimewa)

JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merampungkan akuisisi PT Bank Royal Indonesia (Bank Royal) senilai Rp 988 miliar. Penandatangan perjanjian Akta Jual Beli saham dilakukan setelah BCA mendapat persetujuan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hadir dalam acara penandatanganan Akta Jual Beli Saham Bank Royal, Direktur BCA Subur Tan, Direktur BCA Vera Eve Lim, dan Direktur Utama Bank Royal Bank Louis Halilintar Sjahlim di Jakarta, pekan lalu.

“Keputusan mengakuisisi Bank Royal merupakan langkah strategis BCA dalam rangka melengkapi layanan perbankan BCA demi menjangkau kebutuhan nasabah di Tanah Air. Dalam jangka panjang, akuisisi ini juga diharapkan dapat memberikan added value yang berkesinambungan bagi semua stakeholders,” ujar Subur Tan.

BCA dan anak usahanya, BCA Finance sepakat untuk membeli 2,87 juta lembar saham Bank Royal dari para pemegang saham. Mereka yaitu PT Royalindo Investa Wijaya (73,45 persen), Leslie Soemedi (8,76 persen), Ibrahim Soemedi (4,51 persen), Nevin Soemedi (4,51 persen) dan Ko Sugiarto (4,25 persen). Dengan penandatangan tersebut, BCA resmi memiliki 99,99 persen saham Bank Royal dan PT BCA Finance 0,01 persen dari total saham Bank Royal.

Bank Royal adalah bank swasta yang masuk dalam kategori bank BUKU I. Seiring perkembangan kebutuhan nasabah dan masyarakat, BCA tengah mengkaji Bank Royal untuk fokus ke segmen perbankan digital. Diharapkan hal tersebut semakin melengkapi solusi perbankan BCA, untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah.

Bagikan artikel ini: