Ada resesi global, BCA pangkas target pertumbuhan kredit jadi 8%

Selasa, 5 November 2019 | 07:15 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kalangan industri perbankan di Tanah Air merasakan dampak perlambatan ekonomi global. Hal itu sangat mempengaruhi kinerja mereka.

Komisaris Independen Bank BCA Raden Pardede mengatakan, pihaknya kini merevisi target pertumbuhan kredit tahun ini yang semula 10 persen, menjadi 8 persen. Hal ini dilakukan sebagai dampak ancaman resesi global.

"Pertumbuhan kita 8 persen, dulu kita targetkan 10 persen, tapi kita revisi kebawah sebagaimana dunia yang direvisi, perekonomian direvisi, kita revisi juga ke bawah target-target perbankan," ucapnya di Jakarta, Senin (4/11/2019).

Raden bercerita, dengan sejumlah rilis data-data ekonomi yang tak memuaskan, maka industri perbankan cukup menantang di tahun 2020.

"Tahun 2020 buat BCA menantang. Tentu seperti yang kami katakan tadi data-data menunjukan perlambatan. Jadi kita tidak membuat target yang muluk-muluk 2020 ini," pungkasnya.

"Namun demikian kalau ditengah jalan terjadi perubahan yang sangat signifikan tentu BCA akan menyesuaikan lebih baik lagi. Seperti biasa BCA selalu tampil dengan prudent dan tidak muluk-muluk. tapi kalau ada kesempatan kita coba lebih baik dari target yang disebutkan diawal," tambah dia.

Sementara itu survei Perbankan Bank Indonesia (BI) mengindikasikan pertumbuhan triwulanan kredit baru melambat pada triwulan III-2019 dan diprakirakan kembali meningkat pada triwulan IV-2019. 

Dikutip dari survei tersebut, perkembangan tersebut tercermin dari saldo bersih tertimbang (SBT) permintaan kredit baru pada triwulan III-2019 sebesar 68,3 persen, lebih rendah dibandingkan 78,3 persen pada triwulan sebelumnya.

"Berdasarkan jenis penggunaan, perlambatan tersebut terutama bersumber dari kredit investasi dan kredit konsumsi," tulis Bank Indonesia.

Pada triwulan IV-2019 pertumbuhan kredit baru diperkirakan meningkat, didorong oleh optimisme terhadap kondisi moneter dan ekonomi yang menguat dan juga risiko penyaluran kredit yang relatif terjaga. kbc10

Bagikan artikel ini: