Akhir pekan ini, ribuan mobil Toyota Land Cruiser dari seluruh Indonesia serbu Surabaya

Senin, 4 November 2019 | 23:17 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Tidak kurang dari 2.000 unit mobil penggerak empat roda (four wheel drive), Toyota Land Cruiser bakal menyerbu Surabaya pada akhir pekan ini, tepatnya 9-10 November 2019.

Kedatangan pemilik mobil Toyota Hartop yang tergabung dalam Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI) tersebut guna meramaikan hajatan Jambore Nasional ke-4 yang akan digelar di Kenjeran Park, Surabaya, juga untuk menyemarakkan Hari Pahlawan.

Ketua Panitia Jambore ke-4, Edy Kapau menjelaskan, saat ini tercatat 24 chapter TLCI seluruh Indonesia siap meramaikan Jambore, tidak hanya ajang temu kangen sesama penggemar Land Cruiser tapi juga bursa dan kontes. 

“Jamnas ini selain menyatukan anak bangsa, juga sebagai wadah komunikasi dan mempererat persaudaraan antara kolektor, pedagang Land Cruiser dan suku cadang bahkan peminat mobil Toyota Land Cruiser,” katanya pada press conference Jambore Nasional ke-4 di Surabaya, Senin (4/11/2019).

Menurutnya, dipilihnya Surabaya sebagai tuan rumah Jambore ke 4 karena potensi Surabaya tidak hanya sebagai metropolitan kedua setelah Jakarta tapi juga jumlah unit Land Cruiser yang cukup banyak, serta pengurus Club TLCI Surabaya yang solid. Apalagi di Jatim merupakan gudangnya kendaraan Toyota Land Cruiser atau yang dikenal Hartop di Bromo, sekaligus ikon kendaraan transportasi wisata. 

Dalam rangkaian kegiatan Jambore ke 4 disamping terdapat pameran mobil Landcruiser berbagai tipe, mulai seri awal produksi tahun 50-an juga terdapat seri terbaru. Menariknya juga terdapat kontes LC mulai jenis original vintage, custum dan modifikasi extreme offroad. 

"Disamping berbagai kegiatan pameran. kontes, gamesz dan lainnya juga tidak kalah seru peserta Jambore 4 ditantang pacu andrenalin lewat mini offroad yang digelar di arena Kenpark," jelasnya.

Menurutnya, antusiasme para pemilik mobil Land Cruiser terhadap even tersebut sangat tinggi. Terbukti, informasi terbaru di beberapa daerah sudah ada perwakilan chapter yang berangkat menuju ke Surabaya. Diantaranya dari Bukittinggi, Sumatera Barat, yang terpantau sudah sampai di Palembang, Sumatera Selatan.

"Dari Bukittinggi ada 38 unit hardtop yang sudah jalan menuju Surabaya. Juga ada dari Papua, naik kapal ada 8 unit. Sumatera Utara dan lainnya," ungkap Edi didampingi Didik Elkana selaku Ketua I TLCI Chapter Surabaya.

Sementara itu total sudah ada 940 anggota yang siap untuk hadir dalam Jamnas tersebut. Paling banyak dari DKI Jakarta yang tercatat siap hadir dengan 200 unit mobil. Mereka akan melakukan perjalanan darat dari daerah asalnya.

Tak hanya peserta dari Indonesia, tamu dari negara lain juga akan hadir untuk menyaksikan Jamnas tersebut. Diantaranya dari Malaysia, Jepang, Filipina, Australia dan Thailand. "Mereka hadir sebagai anggota komunitas Toyota Land Cruiser di negara masing-masing. Tapi mereka hadir hanya orangnya, tidak membawa mobilnya," tambah Edi.

Dalam Jamnas mendatang, juga akan diberikan undian berhadiah dengan grandprize berupa unit Toyota Land Cruiser seri TJ seri lama yang tetap menarik untuk dinikmati. Kondisinya juga laik jalan dengan surat-surat resmi dan berlaku.

"Even ini juga terbuka bagi umum, termasuk menantang mereka untuk ketangkasan menerjang mini offroad. Jadi silakan datang akhir pekan ini," ujar Edi. kbc7

Bagikan artikel ini: