PLN, Icon+ bersama Pemkab Banyuwangi cetak Rekor Muri pembelajaran warga secara daring terbanyak

Selasa, 29 Oktober 2019 | 15:40 WIB ET

BANYUWANGI, kabarbisnis.com:  Sebagai wujud dukungan PLN kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur Bersama PT Indonesia Comnets Plus (Icon+) berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan Dinas Pendidikan Banyuwangi selenggarakan acara Kelas Online Paket B dan C di Gesibu Blambangan, Senin (28/08/2019).  

Acara diikuti oleh 2.150 peserta warga belajar Pusat Kegiatan Belajar masyarakat (PKBM) yang tersebar di seluruh Banyuwangi yang merupakan warga yang sudah lepas sekolah. Dari usia muda hingga usia tua yang masih memiliki keinginan untuk kejar Paket B dan C.   

 

Kepala Bidang Pendidikan Masyarakat Nuriyatus mengatakan bahwa latar belakang pemerintah  menyelenggarakan acara kelas online ini seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi serta memanfaatkan era digitalisasi yang bermanfaat untuk masyarakat. 

“Sebelumnya  PKBM ini dilakukan dengan kelas offline, ada beberapa kendala diantaranya banyak warga belajar yang berhalangan hadir karena berbenturan dengan jadwal kerja. Maka Pemerintah Banyuwangi berinsiatif mengadakan kelas online disamping kelas offline yang sudah ada untuk meningkatkan pengetahuan dan peningkatan taraf hidup warga. Selain itu, banyak keuntungan diadakan kelas online bagi warga belajar ini beberapa diantaranya agar warga  yang sibuk bekerja  tetap dapat mengakses proses belajar, memperpendek waktu dan mengurangi tatap muka antara guru PKBM ( tutor) dengan warga belajar,” imbuhnya. 

 

Nuriyatus menjelaskan kelas online ini menggunakan dua aplikasi  yaitu yang pertama aplikasi  seTara daring yang luncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk lembaga yang sudah berakreditasi A dan B , dan yang kedua aplikasi Edmodo untuk yang terkareditasi C atau belum terakreditasi.  

 

Acara kelas online ini tercatat dalam memecahkan Rekor Muri sebagai “Pendukung Pembelajaran Paket B dan C secara Daring dengan Warga Belajar Terbanyak”. PLN bersama anak perusahaan  ICON+  mendukung penuh kegiatan ini. Krisantus selaku Manajer PLN UP3 Banyuwangi mengatakan “PLN sangat mendukung kegiatan ini dan memberikan keandalan pasokan listrik sehingga kegiatan belajan kelas online berjalan dengan lancar”. Kesuksesan 

  

acara ini juga tidak lepas dari peran anak perusahaan . PLN PT ICON+ sebagai penyedia akses internet gratis sebesar 10 Gigabyte dalam mendukung terselenggaranya kelas online ini imbuh Mohammad Shodiq GM SBU Regional Surabaya PT Indonesia Comnets Plus.

Bagikan artikel ini: