Angkasa Pura II incara pengelolaan bandara di Afrika

Senin, 28 Oktober 2019 | 10:10 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Angkasa Pura (AP) II sedang menyiapkan program Flagship Go Global untuk merambah pasar internasional. Salah satu targetnya adalah pasar Afrika.

"Kami tengah menjajaki pasar untuk pengelolaan dan pengembangan di berbagai negara seperti misalnya di Afrika. Saat ini kami juga sedang menjajaki peluang untuk mengelola bandara di kawasan ASEAN seperti di Thailand," jelas Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (27/10/2019).

Bandara-bandara potensial di Afrika yang sudah dan tengah dijajaki oleh Angkasa Pura II antara lain di Mauritius, Madagaskar, Zanzibar, Tanzania, dan Nigeria. Selain di Afrika, Angkasa Pura II juga pernah mengikuti proses tender pengelolaan operasi Bandara Clark di Filipina di tahun 2018.

Muhammad Awaluddin mengatakan, Angkasa Pura II saat ini juga tengah mencari mitra operator bandara berkelas dunia untuk mengembangkan dan mengelola salah satu bandara di bawah Angkasa Pura II.

"Saat ini kami tengah menyeleksi sejumlah calon mitra strategis yang telah memiliki nama besar di industri kebandarudaraan global untuk bersama dengan Angkasa Pura II mengembangkan dan mengelola Bandara Internasional Kualanamu," kata Awaluddin.

Melalui kerja sama dengan mitra strategis, lanjut Awaluddin, maka pengembangan Bandara Kualanamu akan lebih masif dan cepat dalam menjadikan Bandara Kualanamu sebagai hub internasional airport di belahan barat Indonesia.

Diharapkan, kerja sama Angkasa Pura II dengan mitra strategis di Bandara Kualanamu dapat meningkatkan traffik penumpang internasional dan domestik menjadi 20 juta penumpang dalam lima tahun kedepan, pembiayaan perluasan terminal dan infrastruktur bandara, serta adanya aliansi global dengan maskapai dan bandara kelas dunia lainnya. kbc9

Bagikan artikel ini: