Dongkrak penjualan, ini yang dilakukan Lois Jeans Surabaya

Minggu, 27 Oktober 2019 | 09:46 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Lesunya pasar garmen Tanah Air tahun ini tidak membuat pelaku bisnis asal Spanyol, Lois Jeans, putus asa. Perusahaan garmen yang menegaskan dirinya sebagai perusahaan berkelas internasional ini memilih untuk melakukan reopening sejumlah showroom-nya di Indonesia, salah satunya di Tunjungan Plaza Surabaya.

Koordinator Lois Jeans wilayah Jawa Timur Dyah Rudanti mengatakan langkah reopening yang dilakukan Lois Jeans adalah salah satu strategi jitu untuk kembali menggairahkan pasar. Dengan konsep baru, ia optimistis konsumen bakal lebih senang berbelanja sehingga penjualan Lois Jeans mampu tumbuh di angka 20 persen atau bahkan lebih.

"Tahun ini memang tidak seperti tahun lalu. Kalau tahun lalu pertumbuhan bisa sampai 20 persen lebih tapi tahun ini pertumbuhan hanya bisa mendekati dua digit. Dengan reopening kami berharap pertumbuhan penjualan bisa mencapai 20 persen," Dyah saat Reopening Showroom Lois Jeans Tunjungan Plaza Surabaya, Sabtu (26/10/2019).

Ia menjelaskan, melalui program reopening, beberapa perubahan telah dilakukan di sejumlah showroom milik Lois Jeans di tanah air sehingga terlihat lebih  simple dan bersih. " Konsep baru yang kami terapkan saat ini adalah simpel, Dean dan casual. Kalau konsep lama tidak  simpel dan masih berantakan, produk banyak yang distok dan dilipat.  Kalau sekarang lebih minimalis dan tidak ada stok. Semua model sudah terdisplay dan ditata dengan hanger, kelihatan lebih rapi sehingga konsumen lebih bisa memilih model kalau lipatan kan sulit memilih," ujarnya.

Di seluruh Indonesia sudah ada tiga showroom yang telah dilakukan reopening, yaitu showroom Lois Jeans di Jakarta, di Bandung dan di Surabaya. Harapannya, reopening akan dilakukan di 10 unit showroom yang dimiliki Lois Jeans di seluruh Indonesia.

Terkait target pasar yang dibidik, ia mengatakan masih tetap sama yaitu konsumen berumur 20 tahun keatas dengan kombinasi 80 persen pria dan 20 persen wanita. Pemilihan target tersebut dengan melihat kekhususan produk yang dikeluarkan oleh Lois Jeans yang sebagian besar adalah model pria. "Bisa dilihat, untuk garmen model wanita haay satu rak sementara untuk pria banyak," tambah Dyah.

Kekhususan produk juga ditegaskan dengan tetap konsistennya Lois Jeans untuk menghadirkan produk garmen bertema casual. Walaupun saat ini produk Lois Jeans tidak langsung diimpor dari negara Spanyol tetapi sudah diproduksi di dalam negeri. 

"Kami memiliki lisensi penjualan dan produksi, sehingga produk sudah bisa diproduksi di Jakarta. Tetapi dalam setiap tahun, pemilik brand Lois Jeans Spanyol selalu datang mengunjungi pabrik untuk melakukan pemantauan dan memastikan produk yang dihasilkan pabrik di di Indonesia sesuai dengan yang ditetapkan.

Dan khusus saat reopening, Lois Jeans memberikan sejumlah penawaran menarik, berupa promo diskon dan free gift. Selain itu juga ada bagi-bagi voucher belanja senilai Rp 150 ribu. kbc6

Bagikan artikel ini: