Dukung ekonomi kreatif dan UMKM, PLN resmikan Rumah Kreatif BUMN Pacitan

Selasa, 22 Oktober 2019 | 08:39 WIB ET

PACITAN, kabarbisnis.com: PT PLN Persero terus berkomitmen mendukung para pelaku UKM dalam mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Untuk itu, PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmikan Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan PLN yang berlokasi di Pacitan, tepatnya di lingkungan PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pacitan, kemarin.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Pacitan, Indartato dan sederet jajaran Pemerintah Kabupaten Pacitan, BUMN lain, Komunitas dan Asosiasi UMKM. Peresmian RKB Pacitan ini menyusul RKB Blitar yang telah diresmikan pada 15 Agustus lalu.

“Melanjutkan RKB Blitar, RKB Pacitan diharapkan dapat menjadi wadah untuk para pelaku UMKM untuk mengembangkan kualitas usaha berbekal pelatihan yang berjenjang dan terstruktur sesuai kebutuhan masing-masing serta menjadi sentra edukasi dan digitalisasi usaha para pelaku UMKM di wilayah Pacitan dan sekitarnya. Tumbuhnya UMKM dibawah payung RKB Pacitan ini harapannya akan berdampak positif pula pada ekonomi masyarakat,” tutur Senior Manager General Affairs PT PLN UID Jatim A Rasyid Naja dalam keterangan resmi yang diterima kabarbisnis.com, Selasa (22/10/2019).

Diresmikannya Rumah Kreatif BUMN binaan PLN melalui PLN Peduli ini sejalan dengan rencana Pemerintah Daerah Pacitan dalam upayanya untuk digitalisasi usaha UMKM utamanya dalam mempromosikan produk maupun jasa, oleh karena itu kami ucapkan terima kasih, semoga kedepannya dapat mendorong kemajuan UMKM di Pacitan. 

"Dukungan dari dinas terkait lainnya pun menjadi sangat berarti untuk memajukan UMKM yang berada dibawah naungan RKB Pacitan ini,” jelas Indartato. 

RKB Pacitan dikelola oleh PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur bekerjasama dengan Perkumpulan Tenaga Kerja Indonesia Purna (Pertakina) Pacitan untuk melakukan program pembinaan, pendampingan usaha, pelatihan rutin dan pengelolaan ruang pameran produk yang merupakan serangkaian kegiatan untuk menambah pengetahuan serta keterampilan para pelaku UMKM dalam mendorong perkembangan usahanya.

Tidak hanya Pemerintah Kabupaten Pacitan, peresmian RKB Pacitan juga sangat disambut baik oleh para pelaku UMKM dan masyarakat sekitar. Mereka mengaku sangat terbantu dengan kehadiran RKB dan berharap diberikan pelatihan guna meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. 

“Dengan adanya RKB PLN ini, sangat membantu kami dalam pemasaran produk UMKM. Selain itu, program RKB Pacitan yang berupa pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada UMKM, membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pelaku UMKM yang tergabung dalam RKB ini,” ungkap Dwi Puji Astuti, salah seorang pemilik UMKM minuman herbal.kbc6

Bagikan artikel ini: