Kuota FLPP habis, ini produk KPR alternatif yang ditawarkan BTN

Rabu, 9 Oktober 2019 | 07:33 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank BTN telah menyiapkan skema pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) alternatif bagi masyarakat yang mengajukan kredit rumah subsidi. Pasalnya, kuota KPR dalam Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) pemerintah sudah habis.

Komisaris Utama Bank BTN Asmawi Syam mengatakan, pihaknya akan tetap menyalurkan pembiayaan rumah subsidi. Namun tentu saja skema pembiayaan KPR di luar FLPP.

Asal tahu saja, ada beberapa skema yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk KPR rumah subsidi. Selain skema FLPP, masih ada skema Subsidi Selisih Bunga (SSB) yang diberikan kepada masyarakat.

“BTN tidak stop itu. Kita juga ada produksi yang sama. Ada SSB ada skema yang dibuat direksi mirip-mirip seperti itu,” ujarnya di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Menurut Asmawi, skema yang ditawarkan memang tak kalah membantu di bandingkan FLPP. Hanya saja memang skema FLPP jauh lebih populer dan menguntungkan di mata masyarakat dibandingkan skema lainnya seperti SSB.

Oleh karena itu, dirinya berharap pemerintah segera mengucurkan kembali kuota tambahan rumah subsidi, sehingga perbankan bisa membantu pengembang untuk menjual rumah yang sudah dibangun.

“Kita masih dalam taraf pembicaraan di mana Kementerian Keuangan untuk membahas itu mudah-mudahan ada solusi dalam waktu dekat ini,” jelasnya.

Sebelumnya, para pengembang menghentikan pembangunan rumah subsidi. Hal ini menyusul belum jelasnya kapan anggaran tambahan atau kuota tambahan dari rumah subsidi itu akan di cairkan. kbc10

Bagikan artikel ini: