Hore! KA Bandara bakal hadir di Surabaya

Senin, 7 Oktober 2019 | 07:48 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perhubungan mendorong pengembangan Kereta Api (KA) Bandara Railink di sejumlah wilayah di Tanah Air. Kehadiran fasilitas ini dinilai sudah perlu mengingat tingginya mobilitas masyarakat dari dan ke bandara.

"KA Bandara mungkin yang harus kita pikirkan itu Surabaya, karena Surabaya itu kota yang penduduknya banyak dan bandaraya juga besar," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Stasiun Manggarai, Jakarta akhir pekan lalu.

Menhub menyebutkan, selain Surabaya masih ada tiga kota lain yang dirasakan perlu dan membutuhkan kehadiran KA Bandara, yakni Bali (Bandara I Gusti Ngurah Rai), Majalengka (Bandara Kertajati), dan Makassar (Bandara Sultan Hasanuddin).

"Mungkin Bali, itu akan kita koneksikan dengann sistem KA yang terkoneksi sampai ke Bali Utara. Jadi dua kota itu yag akan kita konsentrasikan," jelasnya.

Hadirnya KA Bandara akan menjadi penghubung atau konektivitas dengan fasilitas transportasi bagi masyarakat, terutama bandar udara.

"Keempat adalah Kertajati, karena kita akan melakukan reaktivasi dari Kota Bandung sampai ke Kertajati," imbuhnya.

Dikatakannya, dari keempat rencana pembangunan KA Bandara itu, yang paling cepat dan realistis adalah di wilayah Bali dan Surabaya.

Kemenhub kini sudah mulai merencanakan pembangunan fasilitas pendukung untuk mobilitas publik.

"Mungkin yang cepet itu Surabaya sama Bali. Jadi mungkin kita harapkan 2021 kita sudah sudah mulai konstruksi," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: