HCML budayakan jaga lingkungan pada siswa SMA di Sumenep

Jum'at, 4 Oktober 2019 | 08:47 WIB ET

SUMENEP, kabarbisnos.com: SKK Migas, Husky–CNOOC Madura Limited (HCML) berkomitmen dukung pendidikan karakter di Indonesia, utamanya di lingkungan sekitar perusahaan. Atas dasar tersebut, maka HCML membuat kegiatan bertajuk "HCML HSSE Goes to School 2019".

Hal ini dilakukan untuk mengampanyekan arti pentingnya kesehatan dan keselamatan  di Sumenep. Kegiatan yang dilakukan pada Kamis (3/9'10/2019) ini diikuti oleh 250 perwakilan  siswa kelas X, XI, dan XII SMAN 1 Sumenep.

"Kami ingin menanamkan budaya safety, budaya menjaga lingkungan, serta pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dimulai dari generasi millenial. Karena itulah, kami merangkul para siswa SMA," kata Senior Head of Safety and Environment Husky-Cnooc Madura Limited (HCML), Agus Santoso Kamis malam di Sumenep.

Dalam kegiatan Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) tersebut para siswa tidak sekedar dikenalkan pada prinsip-prinsip dasar HSSE, namun juga langsung diajak terlibat dalam simulasi penanganan beberapa kejadian. Diantaranya pemadaman untuk kebakaran ringan, serta penanganan pertama pada korban cedera atau kecelakaan, bagi siswa yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR).

"Jadi siswa ini kami ajak langsung praktek. Tidak sekedar teori, tetapi mereka bisa langsung terlibat bagaimana penanganan kebakaran ringan, bagaimana pertolongan pertama pada kecelakaan," ujarnya.

Sosialisasi tersebut diikuti dengan antusias oleh para siswa. Apalagi kegiatan itu juga bertabur hadiah mulai cokelat hingga sepeda gunung, dalam game-game seru sepanjang acara.

Menurut Agus, HSSE menjadi nilai utama dalam kegiatan industri hulu migas. HCML merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi. HCML sebagai wakil dari Pemerintah Republik Indonesia untuk menjalankan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi di Blok Madura Strait.

"Wilayah kerja operasi kami berlokasi di perairan Selat Madura. Insyaallah kegiatan ini akan terus berlanjut. Apalagi HCML akan memasuki masa-masa produksi. Jadi harus semakin akrab dengan stakeholder," ucap Agus.

HCML HSSE Goes to School 2019 tersebut juga dihadiri oleh Arif Abadil, mewakili Kepala SKK Migas Jabanusa, serta dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep.

Sementara Kepala SMAN 1 Sumenep, Syamsul Arifin menyambut baik kegiatan tersebut. Baginya, suatu kehormatan, sekolah yang dipimpinnya terpilih menjadi tempat HSSE Goes to School. Ia juga mengucapkan terima kasih  atas dukungan dan komitmennya HCML dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

"Terima kasih kepada HCML untuk kerjasamanya. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi sekolah dan siswa kami," pungkas Syamsul Arifin.kbc6

Bagikan artikel ini: