Perkuat hubungan ekonomi Belanda-Jatim, NBSO akan buka perwakilan di Surabaya

Rabu, 2 Oktober 2019 | 17:11 WIB ET

SURABAYA - NBSO (Netherlands Business Support Office) bakal membuka kantor perwakilan di Surabaya pada bulan Oktober ini. Berlokasi di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Surabaya, kantor itu akan menjadi kantor perwakilan NBSO pertama di ASEAN.

Kepala Perwakilan NBSO Surabaya Mario Lauw mengatakan, NBSO adalah kantor perwakilan untuk mempromosikan kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan, dan investasi antara Indonesia dan Belanda. Tugas dari kantor perwakilan NBSO antara lain untuk membantu perusahaan dan pengusaha Belanda dalam melakukan investasi dan bisnis, serta memberikan informasi kepada perusahaan maupun organisasi yang memiliki ketertarikan di Belanda.

“Dengan membuka kantor di Surabaya, kami ingin memperkuat hubungan ekonomi yang saling menguntungkan antara Indonesia khususnya Jatim dan Belanda,” ujar Mario di Surabaya, Rabu (3/10).

Penasihat Senior Kebijakan Ekonomi Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, Charly Raya, menambahkan, Kantor Perwakilan NBSO Surabaya ini sangat istimewa, karena merupakan perwakilan pertama di wilayah Asia Tenggara, bahkan yang ketiga di Asia setelah China dan India. 

“Ini karena pemerintah Belanda melihat Indonesia sebagai sebuah emerging country yang sangat prospektif. Surabaya dipilih karena letaknya yang strategis sebagai hub Indonesia timur, terlebih dengan adanya rencana pemindahan ibukota ke Kalimantan, sehingga kami memandang Surabaya adalah lokasi yang tepat, juga saat yang tepat untuk membuka kantor perwakilan NBSO,” ujar Charly yang juga Wakil Ketua Kadin Surabaya Bidang Hubungan Ekonomi Internasional.

Dia menambahkan, kantor perwakilan NBSO di Surabaya ini adalah peluang untuk menjalin kerja sama yang lebih komprehensif antara pengusaha Surabaya dan Jatim dengan Belanda.

“Kehadiran NBSO di Jawa Timur merupakan pintu peluang yang sangat terbuka untuk memperkuat kerja sama ekonomi, baik untuk ekspor-impor maupun investasi,” ujarnya. kbc2

Bagikan artikel ini: