PLN UID Jatim targetkan terangi Pulau Masalembu pada 2020

Kamis, 26 September 2019 | 15:48 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com:  PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur berkomitmen tingkatkan elektrifikasi di wilayah Jatim. Upaya yang dilakukan diantaranya adalah dengan menerangi sejumlah daerah di kepulauan terpencil, salah satunya kepulauan Masalembu.

Komitmen dan kesungguhan PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur untuk melistriki seluruh wilayah Jawa Timur tersebut selaras dengan target Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang menargetkan pada tahun 2021 seluruh penduduk Jawa Timur dapat menikmati aliran listrik baik di daratan maupun kepulauan.

"Menjawab tuntutan dari Asosiasi masyarakat Masalembu pelanggan PLTD, PLN targetkan segera listriki Pulau Masalembu pada 2020. Inj sesuai dengan hasil audiensi yang diselenggarakan di Dinas ESDM Jawa Timur, kemarin," ujar Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, A Rasyid Naja di Surabaya, Kamis (26/9/2019).

Audiensi yang terdiri dari PLN, Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur dan perwakilan masyarakat Masalembu menyepakati bahwa akan dibangunnya PLTS Komunal dengan baterai (Off Grid) berkapasitas 300 kWp. 

"Alasan pemilihan pembangkit listrik tenaga surya ialah besarnya potensi energi matahari di Pulau tersebut," tambahnya.

Ia mengaku, masyarakat setempat mendukung penuh upaya ini dengan memfasilitasi dan membantu proses survey, sosialisasi, pengadaan lahan, perijinan hingga tahap pembangunan PLTS nantinya.

Selama ini masyarakat Masalembu mendapatkan sumber aliran listrik dari PLTD berkapasitas 500 kW yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep, Koperlindo. Jumlah pelanggan yang dikelola PLTD yakni sejumlah 656 pelanggan dengan panjang Jaringan Tegangan Menengah 1.735 kms, dan Jaringan Tegangan Rendah 4.450 kms. kbc6

Bagikan artikel ini: