Ibu kota pindah, gedung DPR bakal dimanfaatkan untuk konser?

Kamis, 19 September 2019 | 08:29 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah memutuskan akan memindahkan ibu kota negara (IKN) ke Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur. Kementerian Keuangan, Bappenas dan Pemprov DKI pun mulai mengkaji akan seperti apa nantinya aset yang ditinggalkan di Jakarta.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan, hingga kini belum ada keputusan pasti terkait nasib aset pemerintah di Jakarta, salah satunya Gedung 'Kura-kura', Perkantoran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Kemungkinan, gedung itu akan disulap jadi pusat hiburan agar mendatangkan keuntungan bagi negara.

"Kalau misalnya Jakarta mau dijadikan pusat entertainment yang enggak kalah dengan negeri sebelah kita. Kita mungkin pikiran yang ini kan, kalau disana ada grand yang dijadikan tempat konser, di sebelah sana ada keong yang dijadikan tempat konser, kenapa kita Gedung Kura-kura enggak kita jadikan tempat konser hall. Loh itu pemikiran yang harus kita kembangkan," ujarnya di Kantor DJKN, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Dia menjelaskan, Gedung Kura-kura tidak mungkin dijadikan sebagai perkantoran atau office space sebab dapat mematikan sektor jasa penyewaan perkantoran. Selain itu, Gedung Kura-kura itu memiliki sejarah yang bagus dan juga gedung cukup luas.

"Kalau kita mikir, coba masa Gedung Kura-kura jadi office space. Pertama mungkin itu heritage, tidak pantas komersialisasi biasa, harus ada value khusus. Kalau kita office space itu berapa rate-nya, tapi kalau ini kita undang investor konser hall teatrical value itu nilai investasinya beda," jelasnya.

Isa melanjutkan, setiap aset negara berbeda-beda nilai peruntukan jika akan dilepas kepada pengguna. Untuk itu, pemerintah terus mematangkan rencana pengelolaan aset ke depan.

"Nah, uang yang kita peroleh jelas lebih besar dari pada sekedar menyewakan office space. Jadi ide-ide-nya banyak tapi kita masih harus komunikasikan dengan baik," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: