Resmi meluncur di Jatim, Toyota New Calya dibanderol tetap Rp 143,25 juta

Selasa, 17 September 2019 | 18:37 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Hadir sejak pertengahan tahun 2016, Calya telah menjadi andalan penjualan dengan menguasai segmen entry MPV (multi purpose vehicle) di Tanah Air.

Oleh karenanya, sebagai implementasi komitmen Toyota untuk senantiasa mewujudkan Ever Better Cars, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan New Calya dengan berbagai improvement.

Setelah meluncur di Jakarta sehari sebelumnya, Toyota secara resmi mengenalkan kendaraan 7 penumpang tersebut di pasar Jawa Timur di Atrium Pakuwon Trade Centre (PTC) Surabaya, pada Selasa (17/9/2019).

Area 3 GM Toyota Astra Motor, M Diky Zulkarnaen menuturkan, sejak meluncur pertama pada Juli 2016, Calya telah sukses meroketkan pasar Entry MPV dimana segmen ini menjadi 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Data TAM menyebut, jika pada 2015 penjualan Calya sebesar 20.731 unit, melonjak menjadi 96.172 unit pada 2016. Dan hingga Agustus 2019 atau 3 tahun setelah diluncurkan ke pasar, penjualan Calya mencapai 214.977 unit secara nasional.

"Tak hanya pencapaian penjualan, kontribusi Calya ke penjualan MPV juga cukup menggembirakan, dimana Calya telah memberikan kontribusi sebesar 12,9 persen ke pasar MPV, dan 5,4 persen ke pasar otomotif secara keseluruhan dengan market share mencapai 50 persen di segmen entry MPV," jelas Diky pada press conference peluncuran Toyota New Calya di PTC Surabaya, Selasa (17/9/2019).

Meski telah menjadi penguasa pasar, namun menurut dia, upaya untuk memberikan nilai tambah bagi pengguna Calya tetap dilakukan TAM, dengan hadirnya New Calya.

Model ini hadir dengan varian lengkap yang menggunakan transmisi manual maupun automatic. Sentuhan improvement yang dilakukan Toyota pada sisi eksterior dan interior telah menjadikan mobil yang menjadi salah satu pionir dalam membuka market entry MPV di Indonesia ini mampu meningkatkan kesan prestige bagi pengemudi maupun penumpangnya.

Tampilan makin aggressive dan elegan New Calya diwujudkan melalui desain eksterior anyar yang didukung oleh kehadiran fitur-iitur terbaru seperti, New LED Headlamp, New Retractable Outer Mirror (tipe G), New Front Grille Design with Dark Chrome Element, New Dark Chrome Element pada backdoor garnish, serta New Alloy Wheel Design.

Sementara sentuhan penyegaran pada interior tak hanya mampu mewujudkan kesan makin lebih nyaman. hangat, dan lega, tapi juga meningkatkan kesan prestige, dalam berkendara dengan New Calya.

Selain penggunaan warna coklat gelap (dark brown) yang melapisi dashboard dan kursi pengemudi maupun penumpang untuk semua tipe, New Calya juga dilengkapi dengan fitur lainnya antara lain, New Touchscreen Head Unit (tipe 6), New Audio Steering Switch (tipe G), New Under Seat Compartment Tray (tipe G A/T), Illumination on A/T Indicator ( tipe G A/T), Driver Seat Back Pocket ( tipe G), serta Front Console Box (tipe G).

”Dengan kehadiran desain eksterior dan interior yang agresif serta didukung kehadiran fitur-fitur terbarunya, kami harapkan kehadiran New Calya mendapat respon positif di pasar dan makin mendapat tempat di hati para pelanggannya,” ujar Diky.

East Java Area.Head TAM, Resha Kusuma Atmaja menambahkan, selama ini penjualan Calya di Jawa Timur memberikan kontribusi sekitar 14 persen terhadap penjualan Calya secara nasional. Sementara pasar kendaraan entry MPV di Jatim sendiri juga cukup bagus dengan berkontribusi sebesar 12 persen terhadap pasar entry MPV nasional.

"Dengan hadirnya New Calya ini, kami optimistis bisa mendongkrak penjualan. Dimana secara nasional ditargetkan penjualannya mencapai 5300 unit per bulan, sementara penjualan New Calya di Jatim kami optimis bisa sebesar 600 unit per bulan," ujarnya.

New Calya hadir dengan 4 pilihan tipe mulai 1.2 E M/T, !.2 E A/T, 1.2 G M/T, dan !.2 G A/T. Di Surabaya, New Calya dibanderol mulai Rp 143,250 juta per unit untuk tipe 1.2 E M/T, hingga tertinggi Rp 164 juta per unit untuk tipe !.2 G A/T (on the road). Harga tersebut masih tetap sama dengan varian lama khususnya untuk tipe terendah, dan untuk varian tertinggi hanya mengalami kenaikan Rp 450.000. kbc7

Bagikan artikel ini: