7 Strategi raih untung berburu tiket pesawat untuk liburan

Senin, 16 September 2019 | 23:24 WIB ET

TAK hanya dalam menjalankan pekerjaan, mempersiapkan liburan juga memerlukan strategi yang matang dan pasti. Apalagi jika budget yang dimiliki pas-pasan. Oleh karenanya, Anda harus pandai mengatur persiapannya. 

Kira-kira, hal apa yang menjadi pengeluaran terbesar selama melakukan liburan? Jika Anda berpergian ke luar pulau ataupun ke luar negeri, tentunya memerlukan tiket pesawat yang harganya tidak murah. Bahkan, dalam momen tertentu tiket pesawat bisa melambung tinggi. 

Terkadang tiket pesawat pada hari tertentu lebih mahal dibanding hari lainnya. Begitu juga sebaliknya. Bahkan, seringkali ada promo dadakan yang tak disangka-sangka. Untuk itu, Anda perlu mengatur strategi membeli tiket pesawat liburan dengan cara ini.   

Waktu berlibur fleksibel

Pertama-tama, jangan tentukan tanggal cuti Anda sebelum mendapatkan tiket pesawat. Pastikan, waktu Anda fleksibel. Jadi, ketika pada waktu tertentu tiket lebih murah, Anda bisa memilihnya. 

Anda cukup tentukan perkiraan bulan aktivitas liburan tersebut akan berlangsung. Ini karena dalam seminggu saja ada perbedaan harga tiket pesawat setiap harinya. Anda bisa memilih yang termurah dan waktunya paling masuk akal. Setelah itu, baru cuti.

Beli tiket pesawat 3 bulan sebelumnya

Sudah dikatakan sebelumnya kalau liburan harus direncanakan dengan matang. Bahkan, sudah ditentukan 3 bulan sebelum keberangkatan. Perlu diketahui, biasanya ada tiket pesawat murah yang dijual pada waktu tersebut. 

Bahkan, sejumlah promo sering bermunculan 3 - 6 bulan sebelum waktu penerbangan tiba. Jangan ragu untuk segera membeli tiket pesawat tersebut.

Transaksi pembelian tiket saat dini hari

Bila Anda ingin mencari tiket pesawat murah untuk liburan, siap-siaplah untuk bergadang. Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Tahukah Anda bahwa umumnya maskapai penerbangan memperbarui harga tiket sebanyak tiga kali dalam satu hari. 

Lebih amannya, Anda membeli tiket pesawat terbang online pada waktu dini hari hingga pukul 06.00. Biasanya, harga tiket pesawat akan lebih murah. Ini karena para pembeli jarang melakukan transaksi pada waktu tersebut.

Pastikan liburan pada saat low season

Tahukah Anda ada beberapa bulan dalam setahun yang jarang digunakan untuk aktivitas liburan. Umumnya, bulan tersebut adalah April, September, dan Oktober. Mengapa demikian? 

Pada saat itu, anak sekolah sedang sibuk-sibuknya belajar. Sudah tahu, kan, biasanya saat liburan peak season, kamu akan bersaing dengan orang-orang yang liburan bersama keluarganya. Ramainya pengunjung membuat harga tiket pesawat tinggi

Itu sebabnya, Anda lebih baik berlibur pada bulan April, September, dan Oktober. Setidaknya, harga penerbangan normal dan obyek-obyek wisata tidak penuh. 

Pilih rute ke bandara sekunder

Perhatikan, deh! Bila Anda ingin berpergian ke luar negeri, biasanya ada 1 hingga 2 pilihan rute bandara sekunder. Misalnya, ada Bandara Incheon dan Bandara Gimpo bila kamu ingin berpergian ke Korea Selatan. 

Salah satu dari bandara tersebut biasanya disebut bandara sekunder. Bandara tersebut lebih kecil dan biasanya harga tiket ke sana lebih murah. Anda bisa memilih rute penerbangan ke bandara sekunder tersebut supaya lebih murah. 

Gunakan rute transit kalau lebih murah

Kamu juga harus membandingkan antara harga tiket penerbangan langsung dan alternatif atau biasa disebut transit. Umumnya, untuk penerbangan luar negeri harga tiket transit bisa lebih murah. 

Misalnya, Anda ingin pergi ke Sydney, Australia. Ternyata, harga tiket penerbangan langsung lebih mahal ketimbang membeli tiket ke Denpasar, Bali terlebih dulu. Lanjut ke Sydney. Hal tersebut yang perlu kamu perhatikan.

Beli tiket penerbangan dengan cicilan

Sebenarnya, Anda ingin membeli tiket pesawat untuk liburan jauh-jauh hari. Namun, dana belum terkumpul. Sedangkan promo sudah bermunculan dan menggiurkan untuk digunakan. 

Tak usah khawatir sekarang ini beberapa situs perjalanan memiliki sistem atau fitur cicilan tiket pesawat terbang. Jadi, Anda bisa mengatur pembelian tiket pesawat lebih cepat. Pastinya, ini mempermudah kamu untuk merencanakan liburan. 

Coba Anda ikuti beberapa strategi di atas untuk memesan tiket pesawat terbang liburan. Rencanakan liburan Anda seperti sedang mengatur strategi pertandingan sepakbola. Sudah siap untuk berlibur, kan! kbc7

Bagikan artikel ini: