Tumbuh melesat, GrabFood kembangkan jaringan GrabKitchen di Indonesia

Jum'at, 13 September 2019 | 11:14 WIB ET
Dari kiri; CMO of Kopi Kenangan Cynthia Chaerunnisa, Head of Marketing GrabFood and New Businesses Grab Indonesia Ichmeralda Rachman, Head of GrabKitchen Sai Alluri, dan Suryanto dari Chiz 'n Chic.
Dari kiri; CMO of Kopi Kenangan Cynthia Chaerunnisa, Head of Marketing GrabFood and New Businesses Grab Indonesia Ichmeralda Rachman, Head of GrabKitchen Sai Alluri, dan Suryanto dari Chiz 'n Chic.

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pertumbuhan bisnis makanan dan minuman (food and beverage) di Indonesia rupanya dirasakan juga oleh GrabFood. Oleh karena itu, layanan pesan-antar makanan ini mengembangkan jaringan cloud kitchen miliknya bernama ‘GrabKitchen’ secara signifikan di Indonesia.

Rencana pengembangan jaringan GrabKitchen ini menyusul pertumbuhan pesat bisnis GrabFood pada semester pertama 2019.

GrabFood mencatat, nilai penjualan kotor (GMV) tumbuh tiga kali lipat pada semester pertama tahun 2019, menjadikan GrabFood siap menjadi layanan pesan-antar makanan terbesar di Indonesia pada akhir kuartal ini. Ekspansi signifikan GrabFood di Indonesia juga didukung oleh pertumbuhan signifikan bisnis GrabFood di berbagai kota di Indonesia termasuk Surabaya, Medan, dan Bandung dimana nilai penjualan kotornya tumbuh empat kali lipat, didorong penerapan strategi hyperlocal.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan, pertumbuhan pesat GrabFood dicapai berkat adanya kerja sama dengan restoran cepat saji dan kedai makanan lokal favorit masyarakat Indonesia - sehingga jumlah merchant pada platform GrabFood tumbuh dua kali lipat sejak awal tahun ini, menyediakan lebih banyak pilihan santapan bagi pelanggan.

“GrabFood merupakan pilar utama pertumbuhan Grab di Indonesia dan kami sangat senang mengumumkan bahwa kami segera menjadi layanan pesan-antar makanan terbesar di Indonesia pada akhir kuartal ini,” ungkap Ridzki melalui keterangan tertulis, Jumat (13/9/2019).

GrabKitchen merupakan sebuah cloud kitchen yang menyatukan berbagai merchant makanan dan minuman (F&B) dalam sebuah fasilitas pusat untuk menjawab permintaan pasar yang belum terpenuhi di wilayah-wilayah tertentu dengan memanfaatkan data untuk mengidentifikasi dan memetakan kesenjangan permintaan pelanggan. Lewat GrabKitchen, mitra merchant dapat mendorong pertumbuhan bisnis mereka dengan biaya dan risiko yang rendah dan mengembangkan bisnis di wilayah-wilayah baru. Hal ini juga akan mendorong mereka untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui GrabFood, sehingga dikenal lebih luas oleh masyarakat Indonesia.

“Kami bangga dapat tumbuh bersama mitra merchant kami, mulai dari merk terkemuka nasional dan internasional, hingga ke warung-warung lokal, dan siap memperkokoh kemitraan kami untuk mempersembahkan kuliner terbaik di Indonesia melalui layanan GrabFood," imbuhnya.

Mengembangkan Jaringan GrabKitchen di Indonesia GrabFood memperkenalkan konsep cloud kitchen ke masyarakat Indonesia melalui proyek pilot GrabKitchen pada September 2018. GrabKitchen kemudian secara resmi diluncurkan pada April 2019 lalu.

Diakuinya, hanya dalam waktu enam bulan, GrabFood telah meluncurkan 10 GrabKitchen, termasuk satu GrabKitchen di Bandung, yang menjadi lokasi pertama di luar Jakarta. Hari ini, GrabFood secara resmi meluncurkan GrabKitchen ke-10 yang berlokasi di Capital Place Jakarta, yang menjadi GrabKitchen pertama dengan pilihan santap di tempat.

"GrabKitchen merupakan sebuah bagian penting dari pertumbuhan pesat GrabFood di Indonesia. GrabFood berencana untuk mengembangkan jaringan cloud kitchen miliknya secara signifikan dengan menghadirkan lebih dari 50 GrabKitchen di seluruh Indonesia pada akhir tahun 2019 ini," jelas Ridzki.

Head of GrabKitchen, Sai Alluri menambahkan, dengan hadirnya GrabKitchen ke-10 di Indonesia, pihaknya bangga dapat menjadi pelopor transformasi layanan pesan-antar makanan di Indonesia melalui GrabKitchen dan siap melayani pelanggan dan mitra merchant dengan lebih dari 50 GrabKitchen di Indonesia pada akhir tahun ini.

"GrabKitchen merupakan inovasi solusi kami dalam menjembatani kesenjangan permintaan pelanggan, sembari menyediakan peluang-peluang bisnis baru untuk para mitra merchant kami dan mendorong mereka untuk tumbuh dengan pesat," ujarnya.

Untuk pelanggan, dia bilang, GrabKitchen tidak hanya menghadirkan sajian favorit GrabFood mereka lebih dekat, tapi juga mempersingkat waktu pengantaran, sehingga meningkatkan keseluruhan pengalaman pelanggan. Mereka kini juga dapat memesan berbagai macam jenis makanan dari berbagai merchant dalam satu kali pesanan.

Sementara Head of Marketing GrabFood and New Businesses Grab Indonesia, Ichmeralda Rachman menuturkan, sejalan dengan etos kerja Grab, pelanggan merupakan prioritas dalam segala hal. "Kami telah bekerja keras untuk menghadirkan lebih banyak pilihan makanan dan  minuman di GrabFood, termasuk sejumlah cara baru dan inovatif seperti GrabKitchen. Kami  ingin memberikan pelanggan akses terhadap makanan yang mereka inginkan lewat beberapa sentuhan pada layar telepon mereka,” pugkasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: