Tauberes, aplikasi kirim barang besutan Garuda Indonesia

Kamis, 12 September 2019 | 09:09 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Maskapai nasional PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) melalui anak usahanya PT Garuda Tauberes Indonesia meluncurkan platform e-commerce bernama Tauberes. Platform ini merupakan aplikasi berbasis digital yang menghubungkan layanan berbasis kargo udara dengan agen pengiriman barang langsung kepada masyarakat.

"Aplikasi Tauberes ini diciptakan untuk semua, bukan hanya untuk Garuda atau anak usahanya saja, tetapi merupakan platform logistik ekosistem bersama yang menggabungkan logistik dengan pengiriman barang," kata Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Garuda Indonesia Mohammad Iqbal di Kantor Pusat Garuda Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Dipaparkannya, ada tiga alasan mengapa Garuda kemudian memutuskan untuk meluncurkan platform ini. Pertama, selama ini layanan pengiriman barang dan logistik masih dianggap mahal. Kedua juga diaggap masih mahal dan terakhir layanan yang buruk karena waktu kirim yang lama.

Selain itu, aplikasi juga diluncurkan sejalan dengan permintaan yang terus tumbuh di sektor layanan pengiriman logistik dan barang. Menurut Iqbal rata-rata dalam kurun waktu tiga tahun terkahir pertumbuhan di sektor tersebut mencapai 11 persen. Belum lagi dari sektor e-commerce yang ikut tumbuh 50 persen tahun lalu.

Direktur Utama Garuda Tauberes Indonesia Albert Burhan mengatakan layanan lewat Tauberes mengusung konsep smart logistic service yang berbasis kargo udara. Dengan cara ini akurasi waktu, keamanan dan tarif bisa menjadi lebih baik dan kompetitif.

"Aplikasi ini bakal dilengkapi fitur tracking antar pulau yang terkoneksi dengan layanan penerbangan. Sehingga memudahkan pengguna jasa untuk bisa memonitor pergerakan pengiriman bahkan saat di bandara maupun di pesawat," kata Albert.

Albert menuturkan ke depan layanan lewat aplikasi Tauberes memiliki tiga fitur utama, yakni Kirim Paket, Kargo Udara dan Belanja Online. Selain itu, pengguna jasa nantinya bisa memilih partner yang akan memberikan jasa layanan pengiriman.

Beberapa partner yang telah bekerja sama dengan Tauberes adalah J&T Express, Lion Parcel, SAP dan Si Cepat. Sedangkan, dari sisi pembayaran, aplikasi Tauberes menawarkan pilihan metode pembayaran secara tunai maupun LinkAja. kbc10

Bagikan artikel ini: