Soal kabinet, Jokowi: Usul boleh, tapi itu hak prerogatif presiden

Selasa, 3 September 2019 | 08:56 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, menuju ke tanggal 20 Oktober, ada saja yang menanyakan kepada dirinya terkait penyusunan kabinet.

“Kemana-mana ditanya ini terus. Pak, Bapak A masuk enggak, Pak? Nanti ke tempat lain. Pak, Ibu B masuk ndak Pak, ke kabinet?,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Pembukaan Konferensi Hukum Tata Negara ke-6 Tahun 2019, di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/9).

Menanggapi hal itu, Presiden menyampaikan bahwa semuanya harus bersabar menunggu waktu pengumuman.

“Dan yang sering saya sampaikan setiap saat ada pertanyaan itu saya sampaikan, konstitusi kita mengatakan bahwa itu adalah hak prerogatif presiden. Jadi jangan ada yang ikut campur,” ujar Presiden Jokowi yang disambut tepuk tangan hadirin.

"Usul boleh, bisik-bisik juga boleh. Tapi (pembentukan kabinet) adalah kewenangan presiden, hak prerogarif presiden," ujarnya.

Tampak hadir dalam acara itu Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Pengarah Badan Pembina Ideologi Pancasila Mahfud MD, dan Ketua Pelaksana Konferensi Hukum Tata Negara ke-6 Tahun 2019 Bivitri Susanti. kbc9

Bagikan artikel ini: