Berdayakan peternak Madiun, Rumah Zakat kenalkan Bummas

Jum'at, 30 Agustus 2019 | 10:28 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Berbagai upaya dilakukan dalam ragka pemberdayaan perekonomian masyarakat desa. Salah satunya diterapkan di Desa Jetis, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, dengan dibentuknya Badan Usaha Milik Masyarakat (Bummas).

Bummas merupakan unit usaha masyarakat yang dinaungi Rumah Zakat dengan tujuan meningkatkan taraf hidup masyarakakat. Di Desa Jetis, unit usaha yang dikembangkan adalah peternakan domba.

"Bummas yang merupakan lembaga socioentreprise. Komitmen ke depan adalah mengalokasikan keuntungan untuk dana sosial sebagai penunjang kegiatan fasilitator desa di Desa Jetis," ujar Aditya Evan, Branch Manajer Rumah Zakat Surabaya saat launching BUMMAS di Kantor Desa Jetis, melalui keterangan tertulis, Kamis (29/8/2019).

Kehadiran Bummas di Desa Jetis juga didukung oleh Pemerintah Desa setempat. Salah satu wujudnya adalah penandatanganan MoU Hak Guna Pakai lahan desa untuk kegiatan Bummas antara Kepala Desa Jetis dan fasilitator desa Rumah Zakat di Desa Jetis. 

Bummas juga mendapat apresiasi dari dinas terkait. Programnya dapat dicontoh desa lain untuk memajukan peternak-peternak di desa. 

"Harapannya program ini terus dipertahankan bahkan menjadi semakin besar. Peternak berdaya, Indonesia maju sejahtera," kata V. Bagus sekalu perwakilan dari Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun.

Acara launching Bummas dihadiri Kepala Desa Jetis, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun,  Babinkamtibmas Desa Jetis dan penerima manfaat program. kbc7

Bagikan artikel ini: