SIER dan Sucofindo gelar sosialisasi Pusat Logistik Berikaf

Jum'at, 30 Agustus 2019 | 03:36 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Sejak diresmikan Pusat Logistik Berikat (PLB) di kawasan SIER Surabaya bulan Juli lalu, PT SIER dan PT Sucofindo mulai mengadakan sosialisasi PLB kepada 75 perusahaan yang berada di kawasan SIER, PIER dan Berbek Industri. Sosialisasi digelar kemarin (29/8/2019). 

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Utama PT SIER, Fattah Hidayat dan Direktur Utama PT Sucofindo (Persero), Bachder Djohan Buddin. Dengan pemateri Kepala Divisi Logistik PT SIER Ilyas Prasetyo dan Kepala Startegic Bussines Unit (SBU) Komoditi dan Solusi Perdagangan PT Sucofindo (Persero) Rikrik Supriyadi.

Dalam sambutannya, Fattah Hidayat menjelaskan bahwa PLB dibangun untuk memberikan solusi kepada para pengusaha mengenai masalah besarnya biaya logistik nasional, sehingga keberadaan PLB ini sebagai salah satu solusi di bidang logistik.

“PLB adalah tempat penimbunan barang sementara yang memiliki beragam fungsi yang dapat digunakan para importir untuk menyimpan barang dari luar Indonesia dengan fasilitas penangguhan bea masuk atau bea masuk ditunda,” jelas Fattah.

Dalam sesi tanya jawab yang dipandu Ilyas Prasetyo dari PT SIER dan Rikrik Supriyadi dari PT Sucofindo, antusiasme para peserta sangat tinggi. Karena banyak pertanyaan yang diajukan, bahkan sampai melebihi waktu yang disediakan. 

Hal ini pula yang meyakini pihak SIER bahwa keberadaan PLB sudan menjadi kebutuhan yanh mendesak. Dan kiranya, dalam waktu dekat, bersamaan dengan pengembangan kawasan PIER Pasuruan, didalamnya juga akan dibangun PLB.

Sejalan dengan harapan manajemen SIER, salah satu peserta dari Akzo Nobel WFA, Imam Syafii, mengaharapkan dengan adanya PLB ini dapat menekan biaya logistik dan waktu yang diperlukan perusahaannya dalam mengimpor produk. kbc9

Bagikan artikel ini: