Kejar target Rp29 triliun, MTF genjot pembiayaan otomotif

Selasa, 27 Agustus 2019 | 09:45 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Mandiri Tunas Finance (MTF) terus menggenjot pembiayaan di sektor otomotif. Meski sektor ini cenderung melambat di semester I tahun 2019 lalu, namun diyakini pasar akan membaik di paruh kedua tahun ini.

Direktur Utama Mandiri Tunas Finance, Arya Suprihadi mengatakan, sepanjang semester I tahun 2019 lalu pihaknya membukukan pembiayaan sebesar Rp 13,5 triliun. Hal ini juga dipengaruhi oleh melambatnya pasar otomotif yang turun 13-14 persen.

Meski demikian, pihaknya tetap menargetkan realisasi pembiayaan sebesar Rp 29 triliun hingga akhir tahun 2019 atau tumbuh 9 persen dibanding realisasi tahun 2018.

"Kami optimis di semester dua ini akan membaik, apalagi banyak kendaraan baru yang diluncurkan," katanya pada pembukaan 'MTF Autofiesta' di Main Atrium Royal Plaza Surabaya, Senin (26/8/2019).

Salah satu upaya yang dilakukan guna menggenjot pembiayaan MTF tersebut, lanjut Arya, yakni digelarnya 'MTF Autofiesta' dimana tahun ini dihelat di 10 kota di Tanah Air.

Dia mencontohkan, pada gelaran 'MTF Autofiesta' di Surabaya, pihaknya menargetkan sebanyak 600 surat pemesanan kendaraan (SPK) atau dengan nilai sekitar Rp 100 miliar.

Keyakinan itu juga didasarkan pada gelaran ajang yang sama di 7 kota sebelumnya, dimana selalu sukses dan melampaui target yang dipatok.

"Selain itu kami juga didukung oleh chanelling MTF, yakni Bank Mandiri dan Bank Syariah Mandiri yang akan mengundang para nasabah mereka, yang tentunya dengan beragam program promo menarik yang bisa didapat di pameran ini," ulas Arya.

Sementara itu CEO Regional VIII Jawa 3 Bank Mandiri Surabaya, R Erwan Djoko Hermawan menuturkan, pihaknya mendorong program yang dilakukan MTF dengan menggelar pameran otomotif guna menggenjot pembiayaan di sektor otomotif.

"Apalagi MTF juga memiliki program pembiayaan bukan hanya mobil penumpang, namun juga komersial seperti pikap hingga truk, bahkan moge. Nah, di even ini kami juga mengundang 6000 customer based Bank Mandiri di wilayah Surabaya dan sekitarnya," ungkapnya.

Ke depan, pihaknya juga aktif menggelar sejumlah even dengan program-program menarik bagi nasabah, seperti China Airline Fair, Sneaker Fair, dan sebagainya pada semester II tahun ini.

Kepala Wilayah Regional 7 (Jatim, Bali Nusra) MTF, Mardi Fahmi menambahkan, pihaknya mencatat penyaluran kredit kendaraan di wilayahnya hingga Juli 2019 mencapai Rp1,7 triliun, yang sebanyak 66% atau Rp1,1 triliun di antaranya dikontribusi oleh wilayah Jawa Timur, atau lebih khusus disumbang Surabaya sebanyak Rp671 miliar. Hingga akhir tahun 2019, pihaknya menargetkan penyaluran kredit kendaraan Rp2,3 triliun.

“MTF Regional 7 ini memilki 15 kantor cabang, di antaranya 10 cabang dan 1 cabang multiguna ada di Jatim, dan 4 cabang ada di Kupang, Mataram, Denpasar dan Gianyar,” bebernya.

Sementara itu pada gelaran 'MTF Autofiesta' di Surabaya ini banyak promo menarik, seperti cashback sebesar Rp 2 juta, kredit mobil baru dengan bunga 3,5% dan DP 10% serta tenor hingga 7 tahun. Juga ada Cash Aja sebuah produk pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB dengan bunga mulai 0,58% per bulan atau 8% tanpa provisi. Setiap transaksi juga akan mendapatkan kartu kredit Bank Mandiri dengan annual free 3 tahun. Ada juga penawaran pembiayaan dari Bank Syariah Mandiri yang cukup ringan dan mudah.

Pada ajang ini, sejumlah brand terkemuka ikut berpartisipasi, antara lain Honda, Daihatsu, Toyota, Suzuki, Wuling, Mitsubishi, Nissan Datsun, Isuzu, DFSK, Mazda, Mercedes-Benz, Tata, Minicooper, Hyundai dan MobilKamu. kbc7

Bagikan artikel ini: