Usai pelantikan presiden, pemerintah buka lowongan 100 ribu CPNS

Rabu, 21 Agustus 2019 | 08:00 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah berencana membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun ini. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Syafruddin mengatakan, seleksi pendaftaran CPNS tahun 2019 akan dibuka usai pelantikan Presiden Republik Indonesia.

Dia menjelaskan, kemungkinan pendaftaran CPNS 2019 akan dibuka pada tanggal 20 Oktober ke atas. CPNS 2019 akan dibuka kembali dengan 100 ribu formasi baru.

"Iya, dibuka Oktober setelah pelantikan Pak Presiden. Setelah tanggal 20 Oktober," ujarnya di Gedung Kementerian PAN-RB dalam acara pemberian penghargaan bagi anggota Polri Berprestasi dan Launching Anugerah ASN 2019, Selasa (20/8/2019).

Kendati begitu, pihaknya masih enggan membocorkan bagaimana skema CPNS 2019 untuk lebih detail. Adapun dia menegaskan jumlah kursi yang dibuka tidak mengalami perubahan, tetap 100 ribu orang. Sementara untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sekitar 50 ribu orang.

Syafruddin menjelaskan, beberapa instansi sudah mengajukan formasi CPNS. Di antaranya adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kejaksaan, dan pemda.

Dia menambahkan untuk proses perekrutan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) saat ini sedang dikaji ulang karena ada masalah administrasi yang perlu diselesaikan. Cuma, Syafruddin tidak merinci masalah administrasi tersebut. kbc10

Bagikan artikel ini: