Balitbangtan dan Unand Padang berjibaku tanam benih buah tropika

Selasa, 20 Agustus 2019 | 18:19 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Goes to Campus dengan berpartisipasi mendistribusikan dan melakukan penanaman benih buah tropika bersama mahasiswa baru angkatan 2019/2020 Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Unand) Padang.

Kegiatan menghijaukan Kampus Unand ini merupakan aksi nyata Balitbangtan sebagai salah satu institusi pemerintahan dalam berkolaborasi dengan akademisi untuk mendukung minat mahasiswa di bidang pertanian. Keberhasilan pembangunan pertanian sangat ditentukan kolaborasi dari pemerintah, akademisi, swasta/pebisnis dan kelompok komunitas.

Kepala Balai Penelitan Buah Tropika (Balitbu Tropika) bersama rektor, senat, dekan dan dosen dari beberapa Fakultas di Universitas Andalas beserta 660 mahasiswa baru Fakultas Pertanian dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/8/2019) melakukan penanaman benih tanaman buah di lingkungan Unand Padang. Kegiatan ini diawali dengan serah terima 1000 benih tanaman buah durian dan manggis dari Balitbangtan kepada Rektor Unand.

Dalam sambutannya, Rektor Unand Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA menyampaikan kepada mahasiswa baru sebagai generasi milenial agar belajar dengan sungguh-sungguh karena bidang pertanian merupakan prospek yang baik untuk berkarir. Selain belajar, mahasiswa juga harus peduli dengan lingkungan sehingga terwujud ‘green campus‘ yang selain bermanfaat untuk penghijauan juga bernilai ekonomi salah satunya komoditas manggis dan durian.

Senada, Kepala Balitbu Tropika Dr. Ellina Mansyah mengharapkan agar benih tanaman buah yang diserahkan dapat ditanam dan dipelihara dengan baik sehingga dapat menghijaukan kampus dan buahnya dapat dinikmati untuk konsumsi.

Benih yang diserahkan adalah benih sebar dan benih sumber sehingga dapat dijadikan pohon induk untuk perbanyakan benih. Ellina menyarankan agar Faperta Unand memanfaatkan pohon induk buah tersebut untuk menghasilkan benih yang dapat mendukung pengembangan buah tropika di Sumatera Barat.

Dekan Faperta Unand sangat berterimakasih kepada Balitbangtan yang telah berkolaborasi dan mendukung program penghijauan kampus dengan tanaman buah. Semoga kolaborasi yang dilakukan ini mampu mewujudkan lingkungan kampus yang hijau dan sehat, meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap buah tropika dan menumbuhkan minat beragribisnis.kbc11

Bagikan artikel ini: