Perangi hoaks, Instagram siapkan fitur baru ini

Minggu, 18 Agustus 2019 | 09:04 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Hoaks telah menjadi musuh semua masyarakat khususnya pengguna sosial media. Nah, sebagai wujud ikut memerangi misinformasi dan hoaks di dunia maya, Instagram merilis fitur baru.

Terbaru, layanan berbagi foto dan video itu akan menambahkan opsi pelaporan konten, yakni "False Information".

"Kami banyak berinvestasi dalam membatasi penyebaran misinformasi di aplikasi kami dan kami berencana untuk berbagi lebih banyak pembaruan dalam beberapa bulan mendatang," ujar Stephanie Otway, juru bicara Facebook seperti dikutip dari Mashable, Sabtu (17/8/2019).

Untuk sementara, opsi baru ini akan berfokus pada pengguna Instagram di wilayah Amerika Serikat terlebih dahulu. Belum ada informasi lebih lanjut apakah pengguna di wilayah lain seperti Indonesia juga akan dapat mencicipi fitur ini.

Dalam memerangi informasi, Facebook selaku perusahaan induk Instagram bekerja sama dengan 54 lembaga cek fakta yang mendukung 42 bahasa.

Salah satu lembaga cek fakta yang berkerja sama dengan Facebook adalah FactCheck.org

Kehadiran opsi pelaporan misinformasi di Instagram ini diharapkan akan membantu pengembangan kecerdasan buatan milik perusahaan dalam mengidentifikasi misinformasi di ekosistem miliknya. kbc10

Bagikan artikel ini: