Hingga Juli, transaksi kartu GPN tembus Rp6,21 triliun

Jum'at, 16 Agustus 2019 | 07:48 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Indonesia (BI) terus mendorong implementasi sistem Gerbang Pembayaran Nasional ( GPN). Pada Juli 2019, bank sentral mencatat pertumbuhan transaksi dengan kartu berlogo GPN telah mencapai 44 persen (yoy).

“Jumlah pertumbuhan tersebut dicapai dari nilai transaksi pada Juli 2019 sebesar Rp 6,21 triliun dengan jumlah transaksi mencapai 13,6 juta kali,” kata Sugeng di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Sedangkan hingga saat ini, Sugeng bilang jumlah pemegang kartu debit berlogo garuda merah ini telah mencapai 36,7 juta orang. Jumlah tersebut setara sepertiga pemegang kartu debit di Indonesia.

Sementara dari data Bank Indonesia sepanjang Januari-Juni jumlah transaksi debit mencapai 3,4 miliar kali dengan pertumbuhan 11,71 persen (yoy) dibandingkan periode serupa tahun lalu sebanyak 3,08 miliar kali. 

Sedangkan nilainya mencapai Rp 3.705 triliun, tumbuh 11,56 persen (yoy) dari periode tahun lalu senilai Rp 3.321 triliun.

Sugeng juga ikut mengapresiasi komitmen dari penerbit kartu debit asing untuk bergabung dalam sistem GPN.

Terkait hal ini Mastercard jadi pionir, lantaran baru saja menandatangani kerjasama dengan PT Artajasa Pembayaran Elektronis untuk memproses transaksi kartu debit berlogo mastercard di sistem GPN.

"Kerjasama dan sinergi lebih lanjut antar pelaku industri sistem pembayaran di Indonesia dari Artajasa dan Mastercard kami pandang sebagai hal yang penting untuk dapat membuat sistem pembayaran di Indonesia lebih maju dan mampu mengadopsi mekanisme dan pengelolaan international best practice," lanjutnya. kbc10

Bagikan artikel ini: