Regal Springs Indonesia fokus garap pasar ikan dalam negeri

Kamis, 15 Agustus 2019 | 21:30 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Salah satu produsen ikan Tilapia dalam negeri, Regal Springs Indonesia mulai berkonsentrasi garap pasar domestik. Langkah ini dilakukan dengan melihat besarnya potensi yang ada, terlebih setelah Menteri Perikanan Susi Pudjiastuti gencar melakukan kampanye “Gemar Makan Ikan” sejak beberapa tahun terakhir.

Senior Marketing Manager Regal Springs Indonesia, Ratna Yudythia mengatakan beberapa tahun silam, orang Indonesia belum banyak yang mengkonsumsi ikan. Mereka justru lebih memilih ayam dibanding ikan. Sehingga produksi ikan Tilapia dari Regal Springs Indonesia lebih banyak diekspor ke berbagai negara, seperti Amerika dan ke beberapa negara Eropa lainnya.

“Porsi dalam negeri hanya sekitar 10 persen saja dari total ikan yang kami panen, sisanya 90 persen kami ekspor ke berbagai negara, seperti Amerika dan lainnya. Ada sekitar 10 negara tujuan ekspor yang kami garap dengan volume ekspor per tahun mencapai sekitar 90 ribu ton per tahun,” terang Ratna di Surabaya, Kamis (15/8/2019).

Sementara untuk pasar domestik, Regal Springs Indonesia hanya menyuplai sekitar 10 ribu ton per tahun atau sekitar 10 persen dari produksi. Pemasaran meliputi wilayah Jakarta dan sekitarnya, Jawa Barat, Bandung, Surabaya dan Bali. Kedepan, dengan semakin gencarnya kampanye yang dilakukan, ia berharap bisa menguasai pasar dalam negeri lebih besar lagi.

“Target kami pasar ikan dalam negeri akan naik lagi, ikan di Indonesia akan semakin mendapat tempat. Jika saat ini pemasaran masih di sekitar Jakarta, Jabar, Bandung, Surabaya dan Bali, maka kami ingin masuk ke pasar Medan, Semarang, Jogja dan sebagainya,” terangnya.

Lebih lanjut ia bercerita, ikan Tilapia atau yang lebih dikenal dengan nama ikan Nila adalah ikan asli Indonesia yang biasanya dibudidayakan kolam air tawar.  Di Regal Springs Indonesia, ikan ini di budidaya di beberapa waduk di wilayah Jawa Tengah dan juga di Danau Toba. Pemilihan lokasi budidaya yang berada di pegunungan karena lebih natural dan terjaga kemurnian airnya.

“Ikan Tilapia Regal Springs ini ikan yang bebas dari obat-obatan antibiotik,  hormon pertumbuhan. Sudah bersertifikat dan sehat untuk dikonsumsi,” tambahnya.

Chef Ambassador Regal Springs Indonesia, Norman Ismail   mengatakan bahwa ikan Tilapia memiliki banyak keunggulan. Selain teksturnya lembut dan kesat, ikan ini juga tidak mudah remuk saat dimasak dan sangat praktis dalam menggunakannya.

“Sekarang jamannya orang sibuk tetapi juga ingin kembali ke dapur. Sangat konsen untuk menyiapkan masakan sendiri dan lebih perhatian terhadap kesehatan. Ikan ini sangat cocok dengan gaya hidup sehat yang menggejala saat ini karena mengandung protein tinggi, vitamin dan mineral. Juga mengandung Omega 3 dan aman dari kandungan antibiotic serta hormon pertumbuhan,” pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: