Perkuat pasar tepung super premium, Sriboga Flour Mill rangkul pelaku UKM

Sabtu, 27 Juli 2019 | 16:35 WIB ET
General Manager PT Sriboga Flour Mill, Rike Sundari (kanan) bersama Sales Operation & Support Manager Sriboga, Panca Indria Pristiawan menunjukkan produk Super Premium kemasan 1 kg di acara Sriboga Bakery & Pastries Fiesta di Surabaya.
General Manager PT Sriboga Flour Mill, Rike Sundari (kanan) bersama Sales Operation & Support Manager Sriboga, Panca Indria Pristiawan menunjukkan produk Super Premium kemasan 1 kg di acara Sriboga Bakery & Pastries Fiesta di Surabaya.

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Sriboga Flour Mill berkomitmen untuk mendorong pengembangan usaha kecil menengah (UKM) khususnya di bidang bakery dan makanan olahan, agar memiliki daya saing dan meningkatkan pendapattannya.

Salah satunya dengan menggelar baking demo bertajuk Sriboga Bakery & Pastries Fiesta dengan tema "Bakery Innovation & Digital Smartpreneur" di Grand Dafam Signature Hotel, Surabaya, Sabtu (27/7/2019).

Sales Operation & Support Manager PT Sriboga Flour Mill, Panca Indria Pristiawan mengatakan, selain resep pebuatan kue atau bakery, yang perlu diperhatikan oleh masyarakat adalah pemilihan tepung terigu, mengingat banyak macam dan peruntukannya.

"Kita edukasi mulai basicnya, karena tepung yang memiliki protein tinggi itu pemilihannya juga harus tepat, misalnya yang mana untuk donat, pizza, cake, kue kering, dan sebagainya. Kita edukasi agar tepat dan bisa memiliki nilai jual lebih," katanya di sela acara Sriboga Bakery & Pastries Fiesta.

Dalam kesempatan itu pihaknya juga memperkenalkan ulang produk di segmen super premium yang dihasilkan PT Sriboga Flour Mill, yakni Hime (tepung khusus membuat roti), dan Double Zero (tepung khusus membuat Pastry). Di ajang ini, dua produk ini diaplikasikan ke demo pembuatan Chicken Croissant Cheese (Chickcrocheese), Pastry Jhon Puff, Pao Ayam Telur Asin, Brownies Cheese, dan Klepon Cake.

Menurut Panca, tepung Super Premium memiliki banyak keunggulan yang mampu menjadikan produk lebih halus dan berkualitas, sehingga menghasilkan produk lebih halus, lebih putih, dan lembut.

"Kegiatan ini diharapkan para pelaku industri bakery serta UKM di bidang bakery dapat memanfaatkan tepung-tepung kelas Super Premium tersebut sebagai bahan baku unggulan untuk menghasilkan produk usaha yang berkualitas," jelas Panca.

General Manager PT Sriboga Flour Mill, Rike Sundari menambahkan, dengan diaplikasikannya produk super premium, diharapkan akan mengangkat image dan daya saing pelaku usaha, karena produknya lebih berkualitas dan meningkatkan segmen market, sehingga harganya juga bisa lebih tinggi.

"Dan kami melihat saat ini pelaku UKM modern mulai banyak yang memahami bahan berkualitas untuk produknya, termasuk di Jawa Timur ini. Makanya kami hadir di Surabaya dan Malang untuk kegiatan ini," jelasnya.

Ditambahkan Rike, meski segmen di produk super premium ini terbilang niche market atau tidak terlalu besar, namun dalam setahun ini tumbuh signifikan, terbukti dengan penjualannya yang tahun ini mengalami pertumbuhan sekitar 10 persen dibanding tahun lalu.

"Untuk Sriboga Flour Mill sendiri, saat ini komposisi penjualan produk terbesar masih di segmen premium sekitar 50 persen, segmen medium dan low sekitar 40 persen dan 10 persen super premium," ulas Rike yang menyebut produksi Sriboga saat ini sekitar 300.000 ton per tahun.

Untuk itu pula, dalam melakukan penetrasi pasar di segmen super premium, edukasi, aplikasi dan layanan yang diberikan juga perlu perhatian khusus.

"Makanya kami juga menghadirkan digital business speaker dari Google My Business, untuk berbagi informasi kepada para undangan terkait cara serta manfaat mendaftarkan usaha mereka di mesin pencari Google, agar bisa lebih dilihat dan meningkatkan penjualan secara online," tandas Rike.

Sementara itu pada gelaran Sriboga Bakery & Pastries Fiesta di Surabaya tersebut, ada sekitar 250 undangan yang hadir dari pelaku usaha bakey & UKM, horeca, startup, dan household.

Sriboga menghadirkan Chef Deny Panca dan Chef Dwi Winarno dari Sriboga Customer Center (SCC) Surabaya, Chef Riyandi Suherman dari SCC Jakarta, bersama chef sponsor utama seperti Chef Garry dari Filma, Chef Ade dari Emina Cheese yang mendemonstrasikan ragam aplikasi menarik menggunakan tepung kelas Super Premium dengan membuat Chicken Croissant Cheese (Chickcrocheese), Pastry Jhon Puff, Pao Ayam Telur Asin, Brownies Cheese, dan Klepon Cake.

Surabaya sendiri adalah kota kedua gelaran Grand Baking Demo Sriboga Bakery & Pastries Fiesta, seelah sebelumnya melakukan roadshow di Semarang, dan akan hadir di 8 kota besar lainnya, antara lain di Tegal, Bandung,  Jakarta, Malang, Solo, Denpasar, Purwokerto, dan Yogyakarta. kbc7

Bagikan artikel ini: