Biodiesel dari sawit berhasil tekan impor solar hingga US$3 miliar

Selasa, 16 Juli 2019 | 22:18 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyatakan kontribusi komoditas minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) terhadap perekonomian nasional sangat besar. Bukan hanya menopang kinerja ekspor, produk minyak nabati ini juga mampu menekan impor migas.

Luhut mengatakan, pemanfaatan sawit sangat bermanfaat untuk pengurangan impor di tiap tahunnya. Indonesia mengimpor energi hingga 300 triliun tiap tahunnya. Karena itu, dia  mengajak agar Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bisa mencari suatu inovasi melalui green fuel sawit ini.

"Coba kita lihat, tiap tahunnya angka impor energi itu sangat besar sampai Rp 300 triliun untuk energi. Sekitar 50% energi Indonesia pada waktunya akan impor. Ini yang bisa ditekan dari pemanfaatan green fiel sawit," ungkap Luhut dalam seminar Pemanfaatan Minyak Sawit untuk Green Fuel dalam Mendukung Ketahanan Energi dan Kesejahteraan Petani Sawit di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Pemerintah, sambung Luhut telah memiliki kebijakan guna mengoptimalkan hilirisasi sawit melalui pengguanan biodisel 30 % (B30). Menurutnya penggunaan CPO telah menekan impor solar hingga US$3 miliar. Tanpa itu,  impor akan membuat neraca transaksi berjalan menjadi defisit.

"Peran kelapa sawit ini sebetulnya sangat penting. Kemarin kita sudah berbicara dengan Presiden. Rencana kita akan masuk B30, ini penting tentunya untuk bisa menghemat biaya sampai US$3 miliar," kata Luhut.

Luhut sempat mengkritisi BPPT yang sampai saat ini dinilainya belum terlalu mendorong pemanfaatan sumber daya Indonesia yang berlimpah. Dia menyarankan agar BPPT berfokus pada inovasi terlebih dahulu ketimbang berbagai inovasi namun tidak ada yang berjalan.

"Ayo BPPT kita majukan negara ini bersama. Kita lihat BPPT itu banyak programnya. Saran saya lebih baik kita fokus pada satu inovasi dulu tapi berjalan, daripada banyak mengkosepkan inovasi tapi tidak ada yang berjalan," pungkasnya.kbc11

Bagikan artikel ini: