Potensi kewirausahaan tinggi, Diplomat Success Challenge roadshow ke Semarang

Minggu, 23 Juni 2019 | 08:43 WIB ET

SEMARANG - Perhelatan akbar kompetisi kewirausahaan Diplomat Success Challenge ke-10 tahun 2019/(DSCIX) yang digagas oleh Wismilak Foundation menggelar roadshow di kota Semarang kemarin (22/6/2019). Ajang yang meraih antusiasme tinggi kepesertaan dari para wirausahawan muda nasional sejak dibuka pendaftarannya secara daring pada 15 Mei lalu itu menggelar roadshow di Impala Space, sebuah coworking space yang dikenal menjadi tempat berkembangnya industri kreatif dan ekosistem startup di Kota Semarang. 

Roadshow Semarang menghadirkan narasumber mumpuni dibidang kewirausahaan seperti Mentor Nasional DSCIX 2019 sekaligus Co-Founder Coffee S.M.I.T.H. Roaster & IBC Champion 2018, Muhammad Aga dan Yoga Muda, local hero dan penggagas Loffle Pop Up Dessert, serta Andi Saptari dari Coworking Indonesia.

Lokasi gelaran roadshow DSCIX di Impala Space Semarang merupakan sebuah coworking space yang digagas oleh Andrie Widyastama. 

Penggagas DSCIX sekaligus Marketing Community & Event Manager Wismilak, Edric Chandra menyampaikan, Semarang adalah salah satu kota bisnis yang punya potensi besar lahirnya wirausahawan-wirausahawan muda. DSCIX menjadi ajang paling strategis, memadai dan menjanjikan bagi mereka yang terhitung pemula dalam dunia usaha.

“Di dalam roadshow, para peserta akan mendapatkan pengetahuan mengenai wawasan kewirausahaan dan informasi terkait dengan mekanisme submisi proposal DSCIX,” ujarnya.

Edric menjelaskan bahwa perhelatan DSCIX tahun 2019 ini hadir dengan format baru yang telah disempurnakan dari tahun ke tahun. Format baru tersebut memberikan jangkauan lebih luas kepada calon wirausahawan muda di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi. Tidak hanya mendapatkan hibah sebesar Rp 2 miliar, DSCIX juga memberikan pendampingan oleh mentor-mentor yang mempunyai pengalaman wirausaha dan sukses di bidangnya masing-masing selama masa inkubasi.

“Kami berharap roadshow ini menjadi sebuah ajang yang tidak hanya menginspirasi namun juga mitra strategis bagi kaum muda yang terjun ke dunia usaha untuk dapat meraih kesuksesan,” kata  Edric.

Mentor Nasional DSCIX 2019 sekaligus Co-Founder Coffee S.M.I.T.H. Roaster & IBC Champion 2018, Muhammad Aga mengatakan bahwa ajang DSCIX 2019 begitu penting dan bernilai tinggi untuk diikuti oleh para wirausahawa muda Indonesia. Ajang istimewa ini memberikan modal yang besar untuk membantu membiayai bisnisnya sampai tahap awal. 

“Untuk itu peluang ini harus ditangkap oleh pengusaha muda yang berbisnis apapun. Karena program DSCIX ada di beberapa kota maka hal ini bagus untuk menangkap keberagaman bisnis terutama yang mengusung local content atau berdasarkan sumberdaya yang terdekat,” ujarnya.

Narasumber lain yang terlibat dalam roadshow di Semarang ini adalah seorang local hero bernama Yoga Muda, penggagas Loffle Pop Up Dessert dari kota lumpia. Dirintis pada 2015, berupa stand tajil dipinggir Jalan Tirto Agung saat bulan Ramadan, usahanya ini lalu berkembang menjadi 2 cabang saat ini di Semarang. Sejak tahun 2017 Loffle menjadi TOP #3 Best dessert restaurant di Semarang versi TripAdvisor, situs forum review untuk Hotel, Restaurant, dan Tempat wisata terbesar di dunia.

Menurut Yoga Muda, DSCIX 2019 ini event yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Ada 3 alasan kenapa kaum muda harus ikut event ini. Yaitu, bertemu orang-orang baru yang punya energi positif untuk menjadi besar sekaligus akan jadi network bagus, kesempatan untuk belajar dari mentor-mentor yang ahli di bidangnya, dan terakhir tentu saja kesempatan untuk mendapatkan hibah modal kerja sampai Rp2 miliar.

“Every big thing has small beginning. Jangan ragu untuk mulai dari hal kecil,” ujarnya.

Roadshow kompetisi DSCIX dilakukan mulai tanggal 21 Mei sampai dengan tanggal 23 Juli 2019 di sembilan kota di Indonesia, yakni Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Medan, Makassar, Bali dan Jakarta. Sejumlah Coworking Space dari masing-masing kota seperti, Satu Atap, Ngalup.co, Dagadu Djokdja, CO&CO, Impala Space, CoHive at Clapham, dan Kembali Innovation Hub.

Dalam setiap roadshow, DSCIX menghadirkan narasumber seperti mentor nasional dan local heroes untuk berbagi pengetahuan tentang kewirausahaan pada roadshow tersebut. Juga akan ada tiga perguruan tinggi di tiap kota yang turut berpartisipasi pada rangkaian kegiatan di atas, antara lain Institut Teknologi 10 Nopember, Universitas Mahardika, Universitas Ciputra, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Gajahmada, Universitas Negeri Yogyakarta, dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Setelah Semarang, roadshow DSCIX akan hadir di kota Bandung (25/6), Medan (4/7), Makasar (9/7), Bali, (16/7), dan kota terakhir sebagai penutup roadshow adalah Jakarta (23/7). kbc9

Bagikan artikel ini: