Seltos, penantang Rush dan BR-V dari KIA

Jum'at, 21 Juni 2019 | 17:43 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sehari hari setelah Renault Triber muncul untuk pertama kalinya di dunia, KIA juga memperkenalkan mobil baru mereka yang dinamakan Seltos di New Delhi, India, pada Kamis (21/6/2019). 

Yang membedakan, jika Triber merupakan low MPV pesaing Toyota Avanza, Seltos adalah crossover penantang Hyundai Creta dan Tata Harrier di India, sedangkan di Indonesia kemungkinan melawan Honda BR-V dan Toyota Rush.

Seltos merupakan model global yang dirancang berdasarkan dua mobil konsep, yaitu SP Concept yang pernah diperkenalkan pada tahun lalu dan Signature Concept pada Maret lalu. Nama Seltos berasal dari 'Celtos', nama anak Hercules dalam mitologi Yunani.

Dari penampakan wujud model produksi Seltos, bisa terlihat desainnya masih punya nuansa mobil konsep. Gril 'tiger nose' ciri khas Kia dibungkus lis krom yang memanjang dari ke kanan dan kiri.

Lampu besar Seltos menarik untuk dilihat sebab dibuat dari barisan LED. Bukan cuma di lampu besar, LED juga diterapkan di lampu kabut dan lampu belakang.

Seltos ditawarkan dalam dua pilihan varian, Tech Line dan GT Line. Ada dua opsi mesin, bensin 1,6 liter turbo bertenaga 175 hp, bensin 2.0 liter bertenaga 134 hp, dan diesel turbo 1.6 liter dengan 134 hp.

Tersedia tiga tawaran transmisi, semuanya otomatis, yakni CVT, 6-percepatan, atau 7-percepatan kopling ganda.

Dalam keterangan resminya Kia belum menginformasikan sistem gerak Seltos. Namun dijelaskan, mobil ini punya mode berkendara yang bisa dipilih pengemudi, yaitu Normal, Eco, dan Sport.

Seltos juga punya fitur bernama Sound Mood Lighting System yang bisa mengatur warna pada elemen pintu sesuai dengan ketukan lagu dari sistem hiburan.

KIA bakal memperkenalkan Seltos ke pasar global pada tahun ini juga. Ada dua lokasi produksi yang sudah ditetapkan, yakni di Gwangju, Korea Selatan dan di Andhra Pradesh, India. kbc10

Bagikan artikel ini: