PGN dan PLN tingkatkan penggunaan gas di sektor kelistrikan

Kamis, 30 Mei 2019 | 21:24 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sepakat untuk meningkatkan sinergi dalam format yang baru untuk peningkatan utilisasi gas untuk sektor kelistrikan.

Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama dalam siaran resmi yang diterima kabarbisnis.com menyatakan bahwa format baru dari sinergi ini akan memberikan benefit yang lebih optimal untuk kedua perusahaan di atas karena PLN bersedia memaksimalkan penggunaan gas untuk pembangkitannya terutama seperti di wilayah Lampung, Jawa Barat, dan Jakarta. 

Kesediaan PLN utk menggunakan lebih banyak gas sebagai sumber energi pembangkitannya tersebut maka PGN bersedia untuk memberikan harga yang lebih kompetitif bagi PLN. 

Ia juga menambahkan bahwa selama ini PGN dan PLN tidak memiliki hutang piutang yang signifikan atas transaksi jual beli gas dimaksud.

Sesuai dengan kesepakatan yang ada, bahwa PGN dan PLN akan melakukan optimalisasi terhadap pelaksanaan Kerjasama Eksisting yang mencakup peningkatan volume gas, penerapan harga gas yang lebih kompetitif dan terjangkau serta jangka waktu kontrak.

“Di sisi lain, pada tahun 2019, PGN melakukan review Kontrak penjualan gas kepada PLN dengan terms yang baru, termasuk review harga gas yang akan dilakukan pada pertengahan tahun ini sebagai implementasi Peraturan Menteri ESDM No 58 Tahun 2017 tentang Harga Jual Gas Bumi Melalui Pipa Pada Kegiatan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi,” ungkap Rachmat.

Di samping itu, PLN dan PGN juga sedang membicarakan kerjasama di bidang pembangunan infrastruktur LNG utk mendukung pasokan gas ke pembangkit-pembangkit PLN yang eksisting dan untuk pembangunan pembangkit yang baru di beberapa lokasi.

Lebih lanjut, Rachmat menyampaikan bahwa hal ini merupakan pure gesture positive PGN untuk memberikan tarif yang optimal untuk mendukung pelayanan PLN kepada masyarakat. kbc6

Bagikan artikel ini: