Pemudik kini bisa gunakan bus AKAP TransJawa Jakarta -Surabaya

Senin, 27 Mei 2019 | 20:24 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kini, bagi pemudik yang ingin berlebaran di kampung halaman semakin dimudahkan untuk memilih moda transportasi umum.

Hal ini ditandai diluncurkan layanan angkutan bus antar kota antar provinsi (AKAP) TransJawa dengan trayek Jakarta-Surabaya via Tol Trans Jawa.

Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, Ahmad Yani mengatakan bus AKAP TransJawa ini memiliki pola pelayanan angkutan yang berbeda dengan bus AKAP reguler. AKAP TransJawa ini memiliki jumlah titik pemberhentian yang lebih sedikit sehingga perjalanan lebih cepat.

"Di mana kalau AKAP TransJawa ini hanya menurunkan penumpang di beberapa area, yakni di Semarang dan Solo. Jadi, setiap armada yang berangkat dari terminal tipe A awal langsung menuju Tol Trans Jawa dan dapat menurunkan hanya di beberapa rest area yang ditentukan," kata Yani di Jakarta, Senin (27/5/2019).

Ia menjelaskan, bus akan terus berada di dalam koridor tol Trans Jawa karena setelah bus menurunkan penumpang di rest area yang di tentukan bus akan kembali jalan di koridor Trans Jawa hingga sampai terminal tujuan.

Dikatakan adapun rest area yang akan disiapkan untuk penurunan penumpang yakni rest area Kilometer (Km) 429 A dan Km 398 B di Semarang serta rest area Km 519 A dan 519 B di Solo. "Dia hanya persinggahan, nanti di sana disiapkan shuttle ke terminal. Shuttle-nya tanggung jawab operator," ujarnya.

Hingga saat ini, sudah ada 8 perusahaan otobus (PO) dengan jumlah 36 unit bus yang telah melayani AKAP TransJawa. Dengan baru satu pelayanan rute yakni Terminal Pulogebang Jakarta-Terminal Purabaya Surabaya dengan biaya tiket yang tak berbeda dengan bus eksekutif lainnya.kbc11

Bagikan artikel ini: